Sukses

Soal Ekspor, Pertamina Lubricants Fokus Pasar Asia Pacific

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Lubricants tidak hanya menjual berbagai produknya untuk pasar domestik. Pabrikan pelumas asal Indonesia ini juga terus memacu pertumbuhan ekspor, dengan fokus di berbagai negara Asia Pacific.

Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, Sari Rachmi mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan ekspor ke 14 negara tujuan.

Berdasarkan data yang dirilis, negara tujuan ekspor Pertamina Lubricants, di antaranya Timur Leste, China, Australia, Jepang, Filipina, Singapura, Thailand, Afrika Selatan, Bangladesh, Nigeria, Nepal, Yaman dan Korea Selatan.

"Tapi, negara fokus kami di Asia Pacific, seperti Thailand, Vietnam, dan Australia. Kami punya anak perusahaan di Thailand, yang mengurus negara Indocina, seperti Thailand, Vietnam, Myanmar dan Kamboja," jelas Sari saat ditemui di Production Unit Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Lanjut Sari, untuk produk pelumas yang diekspor, didominasi untuk sektor otomotif. Namun, ada penyesuaian tergantung negara yang akan menjadi tujuan pengiriman dari produk Pertamina Lubricants.

"Contohnya di Australia, itu sepeda motor sangat sedikit. Mobil juga keluaran Eropa, jadi kita menyesuaikan dan produk kita harus sesuai," tambah Sari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Strategi Bisnis

Sementara itu, dilihat dari strategi bisnis Pertamina Lubricant sendiri, memang dominan penjualan untuk pasar domestik. Sedangkan untuk ekspor, fokus untuk bisa tumbuh di negara yang menjadi fokus dari perusahaan.

"Itu fokus kita (ekspor). Bukan ekpansi (penambahan negara ekspor), tapi growth (tumbuh) di negara yang menjadi fokus kita," pungkas Sari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS