Sukses

Sudah Punya Pabrik, Kapan Piaggio Terjun ke Bisnis Motor Listrik di Indonesia?

Kendaraan listrik terus dipacu perkembangannya oleh pemerintah Indonesia, baik untuk roda empat maupun roda dua

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik terus dipacu perkembangannya oleh pemerintah Indonesia, baik untuk roda empat maupun roda dua. Namun, hingga saat ini, untuk sepeda motor listrik di Tanah Air, masih didominasi berbagai merek asal Cina.

Salah satu merek yang diharapkan bisa terjun ke bisnis motor listrik, adalah Piaggio Group yang kini sudah memiliki pabrik perakitan, di Cikarang, Jawa Barat.

Dijelaskan Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia (RI), pihaknya sudah melakukan diskusi panjang mengenai elektrifikasi, dan diharapkan pabrikan asal Italia ini akan segera memulai (produksi dan menjual) sepeda motor listrik.

"Saya kira, Piaggio Group akan segera mulai, sekarang sudah melakukan persiapan dan desain," jelas Agus, di sela-sela peresmian pabrik Piaggio Group, Rabu (23/11/2022).

Lanjut Agus, untuk masuk ke industri elektrifikasi memang dibutuhkan persiapan dari segi teknologi. Terutama, saat ini adalah baterai yang masih terus berkembang hingga saat ini.

"Teknologi masih akan berkembang, khususnya baterai. Dan ini, akan menjadi strategi tersendiri bagi perusahaan termasuk Piaggio Group untuk masuk ke elektrifikasi," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapasitas produksi

Untuk diketahui, Piaggio Group menghabiskan investasi sebesar US$20 juta atau setara dengan Rp 313,6 miliar untuk membangun pabrik di Indonesia.

"Fasilitas ini, memiliki kapasitas 10 ribu per tahun. Tapi kita juga sudah mendengar komitmen dari pimpinan Vespa, bahwa Vespa akan bertahan di Indonesia," pungkas Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.