Sukses

Toyota Mulai Produksi Mobil Hybrid Toyota Innova Zenix di Indonesia

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi memulai produksi lokal untuk mobil hybridnya, all new Toyota Kijang Innova Zenix, Senin (21/11/2022).

Liputan6.com, Karawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi memulai produksi lokal untuk mobil hybridnya, all new Toyota Kijang Innova Zenix, Senin (21/11/2022). Model ramah lingkungan asal Jepang inj, diproduksi di Pabrik Karawang, Jawa Barat.

Produksi kendaraan listrik di Indonesia ini, sebagai realisasi dari investasi Toyota Motor Corporation (TMC) sebesar Rp 27,1 triliun untuk industri elektrifikasi di Indonesia, dalam periode lima tahun.

"Hari ini adalah tonggak penting lainnya dalam perjalanan kita (Toyota). Saya ingin merayakan peluncuran perdana di dunia mobil nasional ikonik Indonesia, Kijang," kata Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pasific, dalam sambutan di seremoni produksi pertama kendaraan listrik lokal Toyota, di Karawang, Jawa Barat.

Toyota Kijang Innova Zenix ini menjadi model yang banyak menjadi perbincangan di kalangan pecinta otomotif Tanah Air. Model ini dikabarkan akan menggunakan platform dari Toyota New Global Architecure (TNGA).

Penggunaan platform ini juga merubah sasis Innova menjadi monocoque dengan penggerak roda depan (FWD). Hal ini berbeda dengan Innova reborn yang menggunakan sasis ladder frame dan penggerak roda belakang (RWD).

Penggunaan sasis TNGA juga disesuaikan dengan mesin barunya yang berteknologi hybrid. Dengan demikian, mobil keluarga ini bisa lebih irit bahan bakar dan sekaligus mengurangi emisi gas buang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Pilihan Mesin

Toyota Innova terbaru dikabarkan akan tersedia dengan dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Informasi detail terkait mesin masih terbatas, namun diduga kuat mempunyai kapasitas 2.000cc.

Meski belum dikonfirmasi langsung, kemungkinan besar jantung pacu yang akan digunakan kelak berasal dari seri mesin M20A yang ditemukan pada berbagai model baru Toyota secara global.

Versi bensin adalah M20A-FKS yang saat ini dipasangkan pada Toyota Voxy terbaru di Indonesia. Jeroan berkapasitas 2.000cc naturally arpirated ini menghasilkan output 170 PS dan torsi 202 Nm.

Sedangkan varian hybrid boleh jadi mengandalkan M20-FXS yang digunakan pada berbagai model hybrid Toyota di Eropa, seperti Corolla Cross Hybrid dan C-HR Hybrid.

Spesifikasinya bergantung pada pilihan penggerak roda. Penggerak roda depan (FWD) menghasilkan output 178 PS dengan torsi 202 Nm, sedangkan varian penggerak empat roda (4WD) menyemburkan tenaga 152 PS dan torsi puncak 190 Nm.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.