Sukses

Gesits Siapkan Motor Listrik Baru, Desain Mirip Honda PCX

Liputan6.com, Jakarta - Gesits siap hadirkan satu lagi sepeda motor listrik baru untuk pasar Indonesia. Rencana tersebut, terungkap dari gambar paten yang telah didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian hukum dan Ham Republik Indonesia (RI).

Desain sepeda motor listrik baru Gesits ini, terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No 33/DI/2022. Terlihat jelas, model ramah lingkungan dari pabrikan asal Indonesia ini, memiliki desain yang mirip dengan Honda PCX.

Sepeda motor listrik baru Gesits ini, didaftarkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan PT WIKA Industri Manufaktur, pada 7 Oktober 2022. Sedangkan pendesainnya yang tertera di dokumen tersebut, adalah Dr Agus Windharto.

Sekilas, kemiripan desain motor listrik Gesits dengan Honda PCX dari lampu dengan desain tajam, windshield, dan penggunaan setang layaknya motor telanjang tanpa cover.

Sedangkan dilihat dari samping, motor ini memiliki bodi yang cukup gambot layaknya sebuah skuter matik (skutik) maxi, dengan jok yang cukup lebar dan panjang, serta dek yang luas.

Sementara itu, tampak belakang, calon motor listrik Gesits ini memiliki desain lampu yang sporty dan tajam.

Untuk diketahui, saat ini Gesits hanya memiliki satu line-up kendaraan listrik, yaitu G1, dengan banderol Rp28.970.000 juta OTR Jakarta. Harga tersebut, terbilang mahal dibanding kompetitornya, yang kini mulai eksis di pasar otomotif nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Soal Subsidi Sepeda Motor Listrik, AISI: Terserah Pemerintah

Penggunaan mobil listrik dan sepeda motor listrik terus didorong oleh pemerintah. Berbagai regulasi telah dibuat untuk mempercepat peralihan masyarakat terhadap roda empat dan roda dua berbasis baterai.

Begitu juga dengan rencana pemberian insentif ataupun subsidi untuk pembelian mobil listrik. Lalu, bagaimana dengan sepeda motor listrik?

Menanggapi perlu atau tidaknya pemberian subsidi untuk sepeda motor listrik, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Johannes Loman menyerahkan semuanya kepada pemerintah.

"Gini, untuk subsidi sepeda motor listrik kita serahkan kepada pemerintah. Kalau pemerintah lihat bahwa akan diberikan subsidi, kami sangat menyambut baik," jelas Loman, saat ditemui di JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Lanjut Loman, pihak asosiasi yang membawahi lima merek sepeda motor besar di Tanah Air ini, yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS memang sudah melakukan pembicaraan terkait pemberikan subsidi sepeda motor listrik ini dengan pemerintah.

"Sudah ada diskusi-diskusi (dengan pemerintah). Sudah ada rencana pemberian subsidi juga, tapi kita belum bisa menyampaikan," tegas Loman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS