Sukses

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Motor Listrik

Sudah mulai banyak merek sepeda motor listrik dengan model beragam yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari desain yang terinspirasi motor Jepang hingga bergaya Eropa. Motor listrik juga memiliki sejumlah kelebihan yang menarik untuk dilirik.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah mulai banyak merek sepeda motor listrik dengan model beragam yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari desain yang terinspirasi motor Jepang hingga bergaya Eropa. Motor listrik juga memiliki sejumlah kelebihan yang menarik untuk dilirik.

Misalnya efisiensi tinggi, akselerasi yang spontan, suara mesin lebih halus, serta perawatan yang mudah dan terjangkau. Tak hanya itu, motor listrik juga dikenal lebih ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan.

Berbagai alasan di atas membuat penggunaan motor listrik menjadi kian masif di Indonesia. Lalu bagaimana dengan perawatannya?

Meskipun diklaim mempunyai kemudahan dalam perawatannya, motor listrik tetap saja membutuhkan perawatan seperti motor pada umumnya. Berikut adalah beberapa cara merawat motor listrik:

Mencabut Baterai dan Rutin Ganti Van Belt

Hal ini sebaiknya dilakukan, terlebih jika motor tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama karena baterai akan mengalami self discharge ketika motor dalam keadaan mati.

Namun pastikan bahwa baterai dalam keadaan penuh terlebih dahulu. Selain itu, dicharge selama sekitar 10 menit setidaknya satu minggu sekali, agar baterai tidak mudah drop.

Van belt adalah komponen penting bagi motor listrik karena bertugas untuk menyalurkan tenaga menuju roda belakang sehingga kendaraan dapat melaju. Ketahanan umur dari van belt ini sendiri adalah 3000 km dan harus selalu diganti jika sudah melewatinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memilih Cover Motor

Pemilik motor listrik dapat memilih cover motor dengan bahan polyester WP yang tahan lama meskipun terkena ancaman dari cuaca jahat, knalpot, maupun besi plat.

Dengan UV protector dan coating bening dapat menahan terpaan sinar matahari dan air sehingga tetap menjaga kualitas cat bodi motor dari kusam dan lecet.  Selain itu, cover motor juga dapat membuat motor listrik Anda tetap aman dari tangan-tangan jahat.

Perhatikan Sistem Rem Hindari Kompresor Saat Mencuci

Seperti pada motor konvensional, sistem pengereman juga menjadi perhatian khusus. Pastikan pengecekan  setiap 2 atau 3 bulan sekali pada bagian kampas rem.

Motor listrik memiliki semacam kisi-kisi udara yang bisa membuat celah air menyusup ke sistem kelistrikan di bagian kolongnya dan memungkinkan merusak sistem kelistrikan tersebut.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.