Sukses

Cara Gampang Membedakan Oli Mesin Motor Matik dengan Manual

Pelumas atau oli mesin untuk motor manual dengan matik memiliki spesifikasi yang berbeda. Cara paling mudah dalam membedakannya ialah dengan memperhatikan kode JASO (Japanese Automotive Standard Association)

Liputan6.com, Jakarta - Pelumas atau oli mesin untuk motor manual dengan matik memiliki spesifikasi yang berbeda. Cara paling mudah dalam membedakannya ialah dengan memperhatikan kode JASO (Japanese Automotive Standard Association).

Untuk motor matik, umumnya menggunakan JASO MB. Sementara motor manual menggunakan JASO MA. Selain JASO, untuk membedakan keduanya bisa dilihat dari API Service-nya.

API Service sendiri merupakan suatu kode standar dalam menentukan kualitas sebuah pelumas yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute.

Untuk oli mesin berbahan bakar bensin, diawali dengan huruf 'S' lalu diikuti dengan huruf kedua misal API SL atau API SN.

"Semakin tinggi hurufnya, maka makin tinggi pula kualitas oli mesin tersebut. Contohnya API SN memiliki tingkatan performa lebih tinggi dari API SJ. Tapi, pemilihannya juga harus memperhatikan tingkat kekentalan atau SAE yang tepat," terang Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants dalam keterangan resminya.

Terkait tingkat kekentalan atau viskositas oli mesin, dapat dilihat dari angka yang tertera pada kemasan. Misalnya pada oli dengan SAE 10W-30 dan SAE 20W-40, kedua oli jenis ini memiliki tingkat kekentalan lebih tinggi.

PT Pertamina Lubricants (PTPL) sendiri memiliki beragam spesifikasi oli matik yang masuk dalam jajaran produk Enduro Matic.

Sebut saja Enduro Matic 10W-30 dan Enduro Matic-S 10W-30 yang merupakan pelumas sintetik. Keduanya cocok digunakan motor matik keluaran terbaru baik untuk mesin 110 cc dan 125cc.

Perbedaan keduanya, jika Enduro Matic 10W-30 kemasannya 1 liter, sementara Enduro Matic-S 10W-30 tersedia kapasitas 0,8 liter.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelumas Jenis Lainnya

Lalu ada Enduro Matic-V 10W-40. Produk dengan base oil sintetik ini punya standarisasi tertinggi saat ini, API SN. Oli ini didesain khusus motor matik 150cc.

Selain pelumas mesin untuk matik keluaran terbaru, Pertamina juga menyediakan pelumas motor matik berusia di atas 5 tahun, yakni Enduro Matic-G 20W-40 semi sintetik yang tersedia dalam dua kemasan, 0,8 liter dan 1 liter.

"Sebaiknya, dalam memilih oli motor matik juga dilihat tahun produksinya, karena teknologi yang lebih baru biasanya memang harus menggunakan oli dengan spesifikasi yang lebih tinggi," jelas Brahma.

"Atau lihat saja manual book-nya. Produsen pelumas seperti Pertamina Lubricants juga selalu mengembangkan produk-produk terbarunya berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi motor terbaru," tambahnya.

Selain oli mesin, pergantian oli gardan juga mesti rutin dilakukan meski periode penggantiannya tidak sesering oli mesin. Adapun produk pelumas oli gardan yang disediakan berupa Pertamina Enduro Matic Gear (120 ml).

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.