Sukses

Kupas tuntas Transmisi Baru D-CVT Milik Daihatsu

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah memiliki teknologi transmisi baru, D-CVT yang telah digunakan di beberapa model barunya

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah memiliki teknologi transmisi baru, D-CVT yang telah digunakan di beberapa model barunya, seperti all new Xenia, Rocky, dan new Sirion. Bahkan, untuk mengetahui secara detail transmisi ini, pabrikan asal Jepang tersebut mengajak beberapa jurnalis otomotif nasional, untuk membedah transmisi tersebut.

Secara umum, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Tipe transmisi ini memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lainya, tetapi yang berbeda pada transmisi ini adalah dikombinasikan dengan split gear yang merupakan keunggulan dari sistem transmisi D-CVT.

Dengan kombinasi tersebut, di mana pada saat kecepatan tinggi perpindahan tenaga berpindah dari belt ke split gear sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Penggunaan transmisi ini juga tidak jauh berbeda dengan transmisi Automatic pada umumnya, yaitu mengoperasikan tuas transmisi pada posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur.

Selain itu, transmisi baru Daihatsu ini dibekali dengan posisi S (sport) yang berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi, juga posisi M (manual) yang memungkinkan driver dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual, bahkan di model New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake) untuk memaksimalkan engine brake ketika turunan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perawatan

Dalam hal perawatan transmisi D-CVT juga terbilang mudah, cukup 2 hal yang harus di pastikan yaitu, melakukan pengecekan volume dan kualitas olinya secara berkala.

Pengecekan ini dilakukan setiap 20.000KM/12 bulan dan penggantian Oli setiap 80.000KM/48 bulan mana yang tercapai terlebih dahulu.

“Kami berharap, Workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan, termasuk tips dan trik dalam penggunaan transmisi D-CVT," ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT ADM, Selasa (19/7/2022).

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan RI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.