Sukses

Duh, Hasil Uji Tabrak Suzuki S-Presso Mengecewakan

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki S-Presso dikabarkan akan hadir di Indonesia. Namun, kabar terbaru terkait hasil uji tabrak model terbaru dari pabrikan asal Jepang ini tidak terlalu bagus.

Disitat Autocar India, Selasa (4/7/2022), Suzuki S-Presso yang dilakukan pengetesan di Global NCAP ini, merupakan model untuk pasar Afrika Selatan. Namun, model tersebut dibuat di India, dan diekspor ke negara tersebut, dengan hanya mendapatkan tiga bintang.

Sementara itu, pada 2020, hasil uji Suzuki S-Presso yang juga dibuat dan dijual di India mendapatkan nol bintang.

Berbicara hasil uji pada 2020, hasil buruk uji tabrak Suzuki S-Presso ini karena minimnya perlindungan pada bagian leher yang terlihat di boneka uji sebagai penumpang depan. Hal tersebut, juga terjadi di supir dan ditambah area dada.

Skor untuk perlindungan penumpang dewasa ditetapkan nol dari hasil tertinggi 17. Global NCAP juga mengungkap hasil buruk di perlindungan anak kecil di jok belakang. Hasilnya dua bintang dengan skor 13,84 dari maksimal 49.

Sedangkan untuk Suzuki S-Presso versi Afrika Selatan yang diuji mendapatkan hasil lebih baik tiga bintang perlindungan penumpang dewasa, dan dua bintang perlindungan anak kecil.

Skor model ini 8,96 dari tertinggi 17 poin untuk perlindungan penumpang dewasa dan 15 dari maksimal 49 untuk perlindungan penumpang anak kecil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Global NCAP mencatat bahwa perlindungan yang ditawarkan kepada pengemudi dan penumpang leher boneka itu baik, tidak seperti mobil yang diuji untuk pasar India.

Area dada pengemudi dan penumpang juga dinilai sedikit lebih baik daripada mobil yang diuji untuk India. Kedua model menwarkan perlindungan serupa pada kaki penumpang depan.

Suzuki S-Presso spesifikasi India dalam bentuk standarnya, pada 2020 hanya dilengkapi dengan airbag sisi pengemudi dan ABS. Maruti Suzuki tidak menawarkan airbag sisi penunmpang sampai diamankan oleh pemerintah tahun ini.

Sedangkan Suzuki S-Presso untuk Afrika Selatan, meskipun dibuat di India, model yang dijual di sana memiliki dual airbag dan pretensional sabuk pengaman depan sebagai standar sejak diluncurkan.

Tanpa perbedaan struktural antara kedua mobil, performa model spesifikasi Afrika Selatan yang lebih baik dapat dijelaskan dengan dimasukannya pretensioner sabuk pengaman, yang mencegah gerakan maju dari penumpang, serta airbag sisi penumpang.