Sukses

Bangun Pabrik Kendaraan Listrik di China, Honda Kucurkan Investasi Rp 7,7 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor China Investment Co., Ltd mengumumkan bahwa GAC Honda Automobile Co., Ltd (GAC Honda) akan memulai pembangunan pabrik baru untuk produksi kendaraan listrik.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, pabrik baru ini menghabiskan total investasi senilai 3,49 miliar yuan atau setara dengan Rp 7,72 triliun.

Fasilitas perakitan yang berlokasi di Guangzhou Economic and Technological Development District, di kota guangzhou, Guangdong, China ini berdiri di atas lahan seluas 400 ribu meter persegi.

Sementara itu, pabrik ini ditargetkan selesai pada 2024 mendatang, dan juga menghasilkan total produksi sebanyak 120 ribu unit setiap tahunnya.

Selain itu, Honda juga sudah menyampaikan bahwa akan meluncurkan sepuluh kendaraan berbasis listriknya yaitu e: N Series pada 2027 mendatang. Model-model tersebut akan diproduksi di pabrik GAC Honda dan juga di Dongfeng Honda.

Sehingga ketika kedua pabrik tersebut sudah dapat beroperasi pada 2024 mendatang, Honda memproyeksikan total kumulatif kapasitas produksi dari kedua pabrik tersebut dapat mencapai 1.73 juta unit per tahunnya.

Sebagai informasi, GAC Honda Automobile Co., Ltd sendiri sudah berdiri sejak Juli 1998 dengan nilai total investasi sebesar US$541 juta dengan kepemilikan sebesar 40 persen dari Honda Motor Co., Ltd, kemudian 10 persen Honda Motor (China) Investment Co., Ltd dan 50 persen Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Honda Thailand Luncurkan Civic e:HEV untuk Pertama Kalinya di Dunia

Honda Automobile Thailand Co., Ltd meluncurkan New Civic e:HEV untuk pertama kalinya di dunia. Model sedan legendaris dari Honda ini dijual dalam dua varian yaitu e:HEV RS dan e:HEV EL.

Noriyuki Takakura, President and CEO Honda Automobile Thailand mengatakan, setelah memulai debut nya pada ajang Motor Show di Thailand kemarin, Honda Civic e:HEV mendapatkan respon yang sangat baik dari publik dalam kurun waktu dua setengah bulan.

"Lini e; HEV dari Honda ini menggunakan full-hybrid system yang memberikan performa berkendara bertenaga sekaligus juga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat baik," kata Noriyuki dikutip dari siaran pers, Jumat (17/6/2022).

Selain itu, sambungnya, peluncuran New Civic e:HEV ini juga merupakan respons dari target Honda pada 2050 untuk mencapai netralitas karbon dan juga masyarakat yang bebas dari kecelakaan dengan hadirnya Honda SensingTM.

"Kami juga yakin All New Honda Civic e:HEV dapat semakin memperkuat lini dari Honda Civic agar dapat mempertahankan posisinya di pasar mobil kompak," imbuhnya.

All New Honda Civic e:HEV menggunakan e:HEV full-hybrid system menggabungkan dua motor elektrik yaitu Motor generator dan Motor Drive serta mesin 2.0 liter DOHC Direct injection Atkinson Cycle.