Sukses

Tersandung Kelangkaan Chip, Honda Minta Prinsipal Sediakan Banyak Komponen untuk HR-V

Liputan6.com, Mandalika - Masalah chip semikonduktor masih menjadi kendala bagi PT Honda Prospect Motor (HPM) terkait produksi modelnya. Salah satu yang terkena imbas, adalah generasi terbaru Honda HR-V yang belum lama ini resmi dilepas ke pasar otomotif nasional.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM menjelaskan, untuk jumlah pemesanan dari launching hingga Jumat, (20/5/2022) telah mencapai 9.032 unit. Namun, untuk distribusi dari pabrik ke diler, baru sekitar 3.100 unit.

"Masih ada sekitar 6.000 unit yang belum dikirim. Kita memang masih terhambat komponen chip semikonduktor. Tapi, bulan ini sudah meningkat produksinya, sudah bisa 1.700 sampai 1.800 unit," tegas Billy, saat Media Test Drive Honda HR-V di Sirkuit Mandalika, Senin (23/5/2022).

Lanjut Billy, jumlah tersebut akan terus meningkat dalam beberapa bulan ke depan. Meskipun bertahap, diharapkan bisa dapat lebih banyak komponen dari prinsipal untuk model barunya tersebut.

"Kita harap, itu bisa dapat konsumen yang dijanjikan. kita sudah minta ke prinsipal untuk dikirim sebanyak-banyaknya dan secepatnya, kita berusaha terus. Target kami 12 bulan itu 35 ribu unit, berarti sebulan harus 3.000 unit kan," tegas Billy.

Sementara itu, berbicara waktu tunggu, dengan masih berhutang sekitar 6.000 unit pengiriman secara nasional, dan juga baru bisa memproduksi 1.500 unit bulan lalu, dan 1.700 unit bulan depan, dan kemudian meningkat 1.900 sampai 2.000 unit.

"Kalau lihat Jakarta ya, yang RS turbo two tone itu (inden) bisa sampai September karena prosesnya lebih panjang, yang paling laris itu tipe SE itu 59 persen, itu bisa Juli Agustus.Itu tadi sekarang saja baru bisa bikin 1.500 unit, paling maksimal 2.000 unit, itu juga baru bulan mendatang," pungkas Billy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Sebagai informasi, sisi eksterior HR-V terbaru menampilkan perubahan desain total dengan garis-garis tajam yang membuatnya lebih stylish & sporty dari generasi sebelumnya.

Pada sisi depan, All New HR-V tampil agresif dan sporty dengan desain grille depan baru yang terintegrasi dengan Full LED Headlight with Sequential LED Turning Signal dan juga dilengkapi dengan LED Fog Light.

Sedangkan kesan tangguh pada All New Honda HR-V semakin kuat dengan desain baru pada pelek 18 inci yang agresif.

Sementara pada interior, All New HR-V menawarkan 4,2 inci Interactive TFT Meter yang menampilkan berbagai informasi saat berkendara, seperti Honda SENSING, Rear Seat Reminder, indikasi lampu pada kendaraan dan konsumsi bahan bakar.

Model ini juga dilengkapi dengan Shift Knob berbalut kulit, One Push Ignition System & Smart Entry System, Paddle Shift dan Auto A/C.

Kabin terasa lebih nyaman dengan material berkualitas di dalam kabin yang didominasi warna hitam dengan jok yang dipadukan dengan kulit serta dilengkapi Rear A/C Ventilation, Air Diffusion Outlet dengan 3 mode pengaturan udara, yaitu normal, diffusion dan closed, serta Panoramic Glass Roof.