Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Penjualan Mobil di Cina Anjlok dan Dispensasi SIM

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai penjualan mobil di Cina yang terjun bebas karena imbas pandemi Covid-19 menarik perhatian pembaca Liputan6.com.

Tak cuma itu, informasi terkait pabrik Tesla di Tiongkok yang terkendala pasokan, serta dispensasi untuk SIM yang masa berlakunya habis saat masa libur Lebaran, juga menjadi sorotan pembaca.

Berikut ringkasan artikel otomotif terpopuler yang terangkum dalam top 3 berita hari ini:

1. Dihantam Covid-19, Penjualan Mobil di Cina Terjun Bebas

Asosiasi otomotif Cina, memperkirakan penjualan kendaraan pada April 2022 turun 48 persen. Hal tersebut, disebabkan oleh penutupan pabrik karena kasus Covid-19 yang meningkat.

Dilansir Reuters, Selasa (10/5/2022), perkiraan tersebut menunjukkan penurunan penjualan paling tajam untuk pasar mobil terbesar di dunia tersebut, sejak Februari 2020. Menjelang awal pandemi saat itu, penjualan turun 79 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, penjualan mobil dalam empat bulan pertama 2022, bisa turun 12,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selengkapnya baca di sini

2. Terkendala Pasokan, Pabrik Tesla di Cina Hanya Produksi 200 Unit Sehari

Tesla telah menghentikan sebagian besar produksinya di pabrik Shanghai untuk mengamankan pasokan suku cadang, akibat kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah Cina untuk menekan kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Berdasarkan memo internal, yang disitat Reuters, Selasa (10/5/2022), pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) ini hanya akan membuat sebanyak 200 unit kendaraan per hari.

Strategi ini lebih baik, karena Tesla tidak menghentikan keseluruhan produksi mobil listrik di pabrik Shanghai. Sekaligus, merupakan upaya untuk memulihkan tingkat produksi Tesla pekan depan, dengan produksi sebanyak lebih dari 2.000 unit per hari.

Selengkapnya baca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

3. Ada Dispensasi Buat SIM yang Masa Berlakunya Habis Saat Libur Lebaran 2022

Sejalan dengan instruksi pemerintah terkait libur bersama lebaran 2022, bagi pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya habis pada periode tersebut tidak perlu khawatir.

Mereka yang memiliki SIM mobil atau motor dan masa berlakunya habis pada rentang waktu 29 April sampai 8 Mei, tidak perlu khawatir karena pihak Korlantas Polri akan memberikan dispensasi untuk mengurus perpanjangan masa berlaku tersebut.

Disitat dari laman resmi Korlantas Polri, disebutkan dispensisasi tersebut berlaku hingga satu pekan ke depan. Hal ini disebabkan karena selama libur lebaran 2022, di mana pelayanan perpanjangan SIM sudah diliburkan terkait libur bersama.

Selengkapnya baca di sini