Sukses

Honda Kembangkan Mobil Listrik dengan Tiga Platform Baru

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co berencana untuk meniagakan jutaan kendaraan listrik (EV) pada 2030, dengan menggunakan tiga platform baru. Salah satunya, dikembangkan oleh pabrikan Amerika Serikat General Motors. Demikian seperti disampaikan salah satu Eksekutif Honda, disitat dari Reuters, ditulis Selasa (26/4/2022).

Shinji Aoyama, Head of Electrification Honda Global mengatakan, pihaknya akan meluncurkan kendaraan komersial mini listik di Jepang pada 2024. Model ini akan dibangun di atas platform EV kecil baru.

Selanjutnya, Honda juga akan membawa mobil listrik baterai murni di Amerika Utara pada 2026, dengan menggunakan platform baru yang lebih besar. Tak hanya itu, dua platform baru tersebut juga akan digunakan untuk model lainnya.

Sementara itu, Aoyama juga mengatakan, saat berbicara melalui panggilan video bersama Reuters, untuk platform ketiga akan digambarkan sebagai ukuran sedang, dan akan berbagai penggunaannya dengan GM mulai 2027.

Sebelumnya, GM dan Honda sepakat berkolaborasi untuk mengembangkan mobil listrik harga terjangkau baru. Hal tersebut ditempuh guna meredam laju Tesla yang saat ini melesat kencang di pasar kendaraan ramah lingkungan secara global.

Mobil listrik dengan harga terjangkau ini rencananya akan hadir dalam berbagai model, termasuk crossover kompak, sedan, dan hatchback dengan produksi sebanyak jutaan unit pada 2027.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

GM dan Honda Kolaborasi Bikin Mobil Listrik Harga Terjangkau

"GM dan Honda akan berbagi teknologi, desain dan strategi manufaktur terbaik kamu untuk menghadirkan EV yang terjangkau dan diinginkan dalam skala global, termasuk pasar utama kami Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Cina," ujar CEO GM, Mary Barra.

Selain itu, kerja sama dua pabrikan otomotif besar beda negara ini juga menjadi bagian dari upaya GM untuk mewujudkan komitmen mencapai netralitas karbon dan operasi global pada 2040 dan menghilangkan emisi dari kendaraan ringan di Amerika Serikat pada 2035.

Sementara itu, General Motors dan Honda juga membahas peluang kolaborasi untuk pengembangan teknologi baterai kendaraan listrik di masa depan.

Usaha itu, untuk lebih menurunkan biaya elektrifikasi, meningkatkan performa, dan mendorong keberlanjutan kendaraan listrik di masa depan.