Sukses

Toyota GR Corolla Segera Meluncur Akhir Maret 2022

Liputan6.com, Jakarta - Toyota akhirnya buka suara terkait kehadiran keluarga baru mereka yang akan bermain di segmen sport. Setelah GR Yaris yang diluncurkan beberapa waktu lalu, kini, Toyota Amerika akhirnya membuka informasi terkait keberadaan GR Corolla.

Melansir dari Motorauthority, raksasa otomotif Jepang ini akan meluncurkan hatchback terbaru ini pada 31 Maret 2022. Hal ini tentunya sejalan dengan beberapa bocoran yang mereka sisipkan pada sebuah video.

Pada video tersebut, GR Corolla, disisipkan di akhir video promosi Toyota GR86 dengan menggunakan kamuflase berkelir merah dan hitam. Secara eksplisit, memang warna tersebut merupakan DNA baru dari Gazoo Racing yang menampilkan aura racing dan sporty.

Di atas kertas, hatchback Corolla ini menggunakan mesin empat silinder segaris berkubikasi 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 168 tk. Namun, untuk GR Corolla, konon Toyota bakal menyematkan mesin baru yang lebih bertenaga.

Adapun mesin yang bakal diadopsikan adalah meminjam dari kepunyaan GR Yaris yang dipersenjatai dengan mesin tiga silinder segaris berkubikasi 1.6 liter yang mampu menyemburkan tenaga 268 tk.

Selain itu, meski secara resmi spesifikasi terkait model ini belum tersaji secara lengkap, namun GR Corolla juga akan menggunakan sistem penggerak All Wheel Drive GR-Four yang juga disematkan pada GR Yaris.

Hal tersebut terlihat dari foto teaser yang menunjukkan emblem GR Four pada bagian dekat fender depan. Dengan begitu, banyak pihak berspekulasi bahwa memang GR Corolla akan hadir dengan spesifikasi yang mirip dengan GR Yaris.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

GR Yaris Akan Dibekali Transmisi Automatic

Toyota GR Yaris adalah model homologasi dari Toyota GR Yaris Rally1 yang digunakan pada ajang balap World Rally Championship (WRC).

Lantaran didesain dengan basis dari mobil balap, seluruh aspek dari Toyota GR Yaris terbilang hardcore.

Sebagai contoh adalah setiap GR Yaris yang dijual tidak tersedia dengan transmisi otomatis. Selain lebih ringan dan responsif, transmisi manual cukup terkenal dalam memberikan sensasi berkendara yang lebih connected, antara pengemudi dan mobil.

Kendati demikian Toyota sepertinya mempunyai rencana baru. Dilansir situs car.watch.impress.co.jp, pada ajang Toyota Gazooo Racing Rally Challenge di Jepang, development car dari GR Yaris diboyong masuk dengan beberapa perubahan.

Paling mencolok ditemukan di dalam interiornya. Tuas transmisi manual dengan enam gigi biasanya digantikan dengan tuas transmisi otomatis. Pasalnya girboks ini cukup unik, seperti secara total ada 8 percepatan dan masih menggunakan torque converter konvensional.

3 dari 3 halaman

Infografis Peta Pendukung dan Penolak Usulan Penundaan Pemilu 2024 di Parlemen