Sukses

Toyota Pakai Mesin Baru untuk All New Voxy, Kejar Pajak Emisi?

Generasi baru Toyota Voxy resmi hadir di Indonesia dengan berbagai ubahan yang cukup radikal

Liputan6.com, Jakarta - Generasi baru Toyota Voxy resmi hadir di Indonesia dengan berbagai ubahan yang cukup radikal. Tidak hanya soal platform baru yang sudah menggunakan TNGA-C, tapi juga mesin baru dengan kode M20A-FKS berteknologi Dynamic Force Engine.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, pemilihan untuk menggunakan mesin terbaru ini, memang tidak lepas dengan platform anyar yang juga sudah tersematkan di all new Voxy. Selain itu, tuntutan pasar, dan juga tuntutan emisi gas buang yang lebih rendah juga memengaruhi keputusan tersebut.

"Semua memang tuntutan pasar permintaan tren dengan teknologi ini. Saya rasa, ini waktu yang tepat menggunakan mesin yang baru," ujar Anton, di sela-sela peluncuran all new Toyota Voxy secara virtual, Kamis (17/2/2022).

Lanjut Anton, dengan mesin baru ini juga, tenaga dari mobil ini juga meningkat. Sekaligus, efisiensi dan juga emisi. Dengan begitu, penggunaan mesin baru ini juga berkaitan dengan penerapan pajak emisi baru, yang sudah diberlakukan sejak 16 Oktober 2021.

"Sekalian, dengan platform baru, engine juga baru. Jadi satu paket, kesempatan juga mengguna teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Semuanya sudah dirancang sedemikian rupa, secara total baru semua," tegasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat model lain?

Sementara itu, ketika ditanya terkait mesin baru ini akan digunakan di model lain, pria ramah tersebut tidak mengiyakan tapi juga tidak membantah. Pastinya, tidak menutup kemungkinan juga, mesin ini akan digunakan di model lain untuk ke depannya.

"Tunggulah, kita akan pikirkan dengan baik. Ini bukan hanya soal mesin baru dan platform baru, tapi kita lihat keseluruhan satu paket. Produkdi segmen ini, butuh apa, platform apa, mesin apa, dan juga safety apa. Berbicara fitur dari sebuah produk, masih banyak hal basic yang harus kita consider, seperti ground clearance, durability, dan lain sebagainya" tandasnya.

Sebagai informasi, mesin berkode M20A-FKS ini memiliki spesikasi dengan kapasitas mesin 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve, DOHC.

Unit tersebut, dapat mengembuskan daya maksimum hingga 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8 persen dari sebelumnya 152 PS, dan torsi maksimumnya sebesar 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6 persen dari sebelumnya 19,7 Kgm.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.