Sukses

Suzuki Baleno Facelift Banyak Berubah, Simak Bocorannya

Kabar mengenai Suzuki Baleno facelift sudah sejak lama terdengar. Namun kabar itu bukan berasal dari Indonesia, melainkan India dan diyakini bakal meluncur dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai Suzuki Baleno facelift sudah sejak lama terdengar. Namun kabar itu bukan berasal dari Indonesia, melainkan India dan diyakini bakal meluncur dalam waktu dekat.

Dalam gambar bocoran sebelumnya, Suzuki Baleno facelift menerima bumper yang kian sporty. Rumah lampu depan dibikin menukik.

Namun, profil kendaraan jika dilihat dari samping tetap sama kecuali pelek baru. Sebagai model global, tak menutup kemungkinan unit bakal merambah negara lain. Tak terkecuali Indonesia.

Jantung mekanis Maruti Baleno tidak berubah. Di Negeri Bharata, enjin tertanam bervolume 1,2 liter yang disedot secara alami.

Ada dua tipe, versi non-hybrid memberi tenaga 83 Hp dan imbuhan teknologi mild-hybrid 12V beri daya 90 Hp. Pilihan transmisi ada manual lima percepatan dan gearbox otomatis CVT. Beda lagi kalau di Indonesia.

Sang hatchback mengandalkan mesin bensin K14B berkapasitas 1,4 liter DOHC VVT MPI. Jantung pacu sama dengan Swift dan Ertiga lawas.

Mesin mengembuskan tenaga 92,4 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm di 4.200 rpm. Penyaluran daya tersedia manual 5-speed atau matik konvensional 4-speed.

Tatkala diamati lebih dekat, ternyata jeroan Baleno 2022 mirip dengan kabin Suzuki S-Cross generasi baru. S-Cross di India juga melakoni debut globalnya beberapa minggu lalu.

Maklum, bahasa desain dalam sebuah pabrikan kerap sama. Misalnya, tata letak dasbor yang terlihat di Baleno baru hampir identik. Posisi ventilasi AC sama persis di kedua mobil. Gambar maupun video bocoran menunjukannya.

Satu perbedaan mencolok di dalam kabin ialah setir baru di Baleno yang berasal dari Swift dan Dzire. Sedangkan S-Cross mempertahankan setir multi-fungsi lama.

Sama persis dari yang ditawarkan di Vitara maupun Brezza. Kalau Baleno mendapatkan tema dua warna berlapis-lapis di dasbor. Suzuki S-Cross mendapatkan kelir gelap.

Lanjut ke visual luar. Ia memiliki kisi-kisi berjaring hitam yang membentuk pola trapesium terbalik. Kedua sisi sudut sambung dengan rumah lampu, sehingga menimbulkan kesan gahar.

Headlamp telah direvisi, desain sampul membentuk pola L, plus LED daytime running baru. Bumper depan ditata lebih agresif berupa bendungan udara tengah kian lebar. Bagian foglamp pun tampak gres.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Lainnya

Diamati dari buritan, Suzuki Baleno 2022 mendapatkan lampu ekor berbentuk L yang lebih ramping. Bumper belakang didesain ulang. Secara keseluruhan, garis pinggang jauh lebih tajam.

Berbeda dari model lawas, tarikan tubuh cenderung mengalir dan proporsi bulat seperti versi di Indonesia.

Lantas mengenai ukuran bodi, kemungkinan tidak berubah banyak. Kecuali ground clearance bisa naik bila ukuran pelek dibesarkan.

Versi facelift diharapkan menawarkan fitur-fitur seperti auto climate control, konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Kemudian ada remote keyless entry, push-button start/stop, cruise control, follow me home/lead to vehicle headlamps.

Terus setir pakai tilt and telescopic steering. Sedangkan perangkat keselamatan tetap memiliki dual airbag, rem ABS plus EBD, IRVM, sensor parkir mundur dan kamera.

Bagaimana dengan harga? Memang belum ada informasi. Lalu peluangnya hadir di Indonesia? Rasanya sangat besar karena Suzuki Indomobil Sales sebagai pemegang mereka Suzuki di Indonesia juga memasarkan model ini. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini