Sukses

Satu-satunya di Dunia, Ducati Superleggera V4J Bakal Jadi Incaran Para Kolektor

Ducati Newport Beach meluncurkan Superleggera V4 yang livery-nya terinspirasi dari supercar Lamborghini Aventador SVJ.

Liputan6.com, Jakarta - Ducati Newport Beach meluncurkan Superleggera V4 yang livery-nya terinspirasi dari supercar Lamborghini Aventador SVJ.

Mobil ini memang jadi incaran para loyalis supercar di Italia. Dengan laburan warna biru khas Lamborghini, Ducati seakan tampil berbeda, kita tahu pabrikan asal Bologna itu lebih terkenal dengan kelir warna merahnya.

Ini jadi kemitraan kesekian kalinya Ducati dengan Lamborghini. Sebelumnya, di 2020 lalu Ducati pernah meluncurkan Diavel 1260 berbalut livery inti dari Lamborghini Sian FKP 37.

Saat itu model tersebut dijual terbatas juga, namun lebih banyak jumlahnya yakni 630 unit.

Kembali ke Ducati Superleggera V4 x Lamborghini, secara visual bodi tak ada perbedaan dengan versi reguler. Mengutip Moto Station, motor ini hadir sebagai produk edisi terbatas. Hanya dibuat 1 unit saja.

Fokus perbedaan hanya ada di pemilihan warna dan sedikit detail pemanis saja. Contohnya seperti di bibir pelek yang menggunakan decal kuning.

kemudian ada pula motif garis berbentuk huruf Y pada bagian kursi rider, dan kalier rem depan serta belakang yang kini dilabur warna kuning juga. 

Selebihnya, rancang kaki-kaki masih terlihat sama. Pun untuk komponen winglet floating di bagian fairing kiri dan kanannya.

Nah, mengkombinasikan warna biru serta kuning, pada bagian bawah fairing, spakbor, tangki tengah bahan bakar, dan velg dicat warna hitam.

Sekadar informasi saja, versi reguler dari Ducati Superleggera V4 hanya diproduksi sebanyak 500 unit saja di seluruh dunia.

Hadirnya varian Superleggera dengan kode V4J ini menjadikan motor tersebut semakin istimewa untuk dimiliki para borjuis.

Oh iya, Huruf "J" pada Superleggera V4J mengacu pada Aventador SVJ. Adapun "J" adalah akronim dari kata Jota, yang mengartikan sebagai performa mesin buas untuk balapan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Ducati Superleggera V4

Ducati Superleggera V4 adalah motor berspesifikasi tinggi namun legal digunakan di jalan raya. Mengacu data dari Ducati Global, motor ini dibenamkan mesin Desmosedici Stradale 90° V4, 998 cc, counter-rotating crankshaft, 4 Desmodromic timing, 4 katup per silinder, dan berpendingin cairan.

Di atas kertas, Superleggera V4 mampu menghempaskan tenaga maksimal sampai 234 daya kuda pada putaran enjin 13.250 rpm dan torsi puncak menyentuh 119 Nm di 11.750 rpm. Output itu disalurkan langsung lewat roda belakang dengan teknologi Quick Shifter.

Selain mesin, penggunaan sasis dan velg dari motor ini juga sangat istimewa. Rangka dan roda dibuat dari bahan karbon yang sangat ringan. Bobot kering dari motor ini hanya berkisar 152 kilogram saja atau setara dengan motor berkubikasi 250 cc di Indonesia.

Adapun untuk set kaki-kaki, Ducati paling buas tersebut dibekali dengan suspensi depan upside down 43 mm besutan Ohlins NPX25/30, pun untuk bagian belakang yang semuanya bisa diatur secara elektrik.

Untuk mengimbangi performa mesin, Ducati Superleggera dikawal dengan pengereman cakram ganda semi-floating dengan kaliper Brembo Monoblock ABS EVO. Sementara di belakang dijepit dengan 1 kaliper 2 piston dari Brembo juga.

Sayangnya diler Ducati di Newport Beach tak merilis harga jual dari Superleggera V4J. Namun yang pasti banderolnya akan jauh lebih mahal ketimbang versi reguler.

Sebagai gambaran saja, varian homologasi atau yang dijual sebanyak 500 unit memiliki mahar sampai 100.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp1,425 miliar. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Pasien Positif Varian Omicron di Indonesia Terus Bertambah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.