Sukses

Honda Rebel 1100 Kena Recall Gara-Gara Tutup Radiator

American Honda Motor Company mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan yang melibatkan Honda Rebel 1100 pada 16 Desember 2021

Liputan6.com, Jakarta - American Honda Motor Company mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk perbaikan yang melibatkan Honda Rebel 1100 pada 16 Desember 2021. Recall yang melibatkan 1.022 Honda Rebel 1100 di AS ini akibat indikasi tutup radiator yang berpotensi rusak.

Penarikan ini memengaruhi semua Rebel 1100 yang dibuat antara 10 April 2021 dan 22 Juli 2021. Masalah ini pertama kali diketahui oleh Honda Jepang. Pada Juli 2021 pihaknya memulai penyelidikan resmi terhadap masalah dan sumbernya.

Menurut laporan penarikan resmi Honda, problem itu berawal dari proses pembuatannya. Cetakan tutup radiator tidak tepat saat membentuk ketinggian kait luar. Bisa dikatakan melebihi spesifikasi pabrik.

Akibatnya tutup radiator yang bermasalah tidak dapat menyegel dengan benar. Besar kemungkinan bisa menyebabkan bocor atau menyemburkan air cooled panas selama pengoperasian.

Hal ini dapat menyebabkan cedera pengendara dan berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. Kendala ini telah diperbaiki, dan langkah-langkah pemeriksaan tambahan sekarang dilakukan untuk memastikan bahwa bagian ini diproduksi sesuai spesifikasi.

Selanjutnya pihak pabrikan bakal menghubungi pemilik Honda Rebel 1100 yang terkena dampak.

Kemudian menginstruksikan mereka untuk membuat janji dengan dealer resmi Honda Powersports terdekat untuk pemeriksaan dan layanan penarikan kembali. Pemberitahuan pemilik dimulai pada 13 Februari 2022.

Langkah selanjutnya dealer akan mengganti tutup radiator dan juga mengisi ulang cairan pendingin yang hilang secara gratis.

Jika pemilik telah membayar untuk melakukan layanan tersebut sebelum penerbitan recall ini, penggantian bisa dilakukan asal memenuhi syarat dan disertai dokumentasi yang tepat.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Rebel 1100

Kasus serupa juga dialami oleh produk Honda lainnya. Ada Honda CBR1000RRR Fireblade maupun Honda CB400 Superfour dan CB400 SUPER BOL D’OR.

Tapi recall ketiga model itu hanya baru berlaku untuk pasar Jepang. Kemungkinan negara lain bakal menyusul.

Untuk informasi, Honda Rebel 1100 merupakan keluarga Rebel paling besar. Beda dengan trim terbawah tentu saja dari sisi dimensi, karena mesinnya lebih besar maka tampilannya juga lebih bongsor. Detail motor lebih terlihat lebar dan juga lebih padat.

Ia menggunakan jantung pacu milik Africa Twin - saudaranya dari segmen tualang dicangkok mentah-mentah ke kerangka cruiser. Ia memangku mesin dua silinder paralel-twin 1.084 cc SOHC bertenaga besar.

Kurang lebih output-nya sama, kendati sedikit mengecil. Yakni 85,8 Hp dan torsi sebesar 98 Nm. Dengan format overbore, alias lebih besar diameter silinder ketimbang langkahnya.

Disediakan penyalur daya manual biasa. Serta girboks DCT persis teknologi saudaranya. Yang berarti, gigi bisa berpindah secara otomatis.

Saat Anda hendak berkendara santai. Atau, ketika ingin agak agresif disediakan pula tombol untuk naik turunkan gear.

Rebel 1100 sudah dibekali teknologi Ride-by-wire yang mengatur tiga level kontrol traksi. Selain itu tersedia empat mode berkendara sesuai kebutuhan, yaitu Standard, Rain, Sport dan User.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kurangi Mobilitas Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Periode Nataru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.