Sukses

Piaggio Ape Electric Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik Indonesia

Piaggio Commercial Indonesia (PCI) bersama distributor resminya, PT Bagaskoro Mega Langgeng (BLM), merilis dua (2) tipe Piaggio Ape Electric, yakni E-City untuk membawa penumpang dan E-Xtra

Liputan6.com, Jakarta - Piaggio Commercial Indonesia (PCI) bersama distributor resminya, PT Bagaskoro Mega Langgeng (BLM), merilis dua (2) tipe Piaggio Ape Electric, yakni E-City untuk membawa penumpang dan E-Xtra (Cargo & Box) untuk kebutuhan niaga. Diferensiasi keduanya ada di dimensi, desain, kapasitas baterai, dan layout tempat duduk.

President PT BLM, Kristianto Goenadi mengatakan, peluncuran 2 tipe kendaraan bebas polusi ini sebagai bukti jika mereka ikut menyukseskan program pemerintah soal kendaraan listrik dan menawarkan produk terbaik untuk konsumen.

"Kami dari Piaggio Commercial Indonesia (PCI) - BML melakukan peluncuran Piaggio Ape Electric dengan 2 tipe sekaligus yang belum lama ini di-launching di dunia oleh Piaggio Group-Piaggio Vehicle Pvt," kata Kristianto saat peluncuran, Selasa (14/12/2021).

Oke, pertama kita akan bahas lebih dulu untuk versi penumpangnya. Piaggio Ape E-City punya desain yang akrab dengan kendaraan tempo lalu di Ibu Kota. Yap desainnya masih khas bajaj namun tampil lebih modern dan fungsional.

Konfigurasi tempat duduk di dalamnya bisa diisi 4 orang, 1 sebagai pengemudi dan 3 lainnya menjadi penumpang di bangku belakang. Untuk membawa barang bawaan, tersedia juga semacam bagasi di bagian tempat duduk belakangnya.

Secara spesifikasi, dia dibekali dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 48V 7,5 kWh yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 5,4 kW pada 3.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 29 Nm.

Sementara untuk dimensinya, dia memiliki panjang 2.700 mm, lebar 1.370 mm, dan tinggi 1.725 mm. Adapun untuk wheelbase-nya bermain di 1.920 mm, ground clearance 200 mm, dan berat total dengan baterai mencapai 689 kilogram.

Dalam keadaan baterai terisi penuh, bajaj setrum ini mampu berjalan sampai 90 kilometer. Dan lama pengecasan baterai dari 20 persen menuju 100 persen bisa dituntaskan dalam waktu 3,5 jam saja.

Terkait fitunya, Piaggio Ape E-City dibekali dengan lampu depan halogen tipe Blue Vision yang diklaim lebih terang dan tahan lama. Kemudian dia juga dijejali fitur Hill-Hold Assist, pengereman regeneratif, dermaga pengisian gawai dan perangkat konektivitas kendaraan dengan smartphone yang mereka sebut sebagai I Connect.

Jika tertarik, kendaraan tiga roda dengan penggerak listrik itu dijual seharga Rp115 juta OTR. Artinya sudah include dengan STNK, BPKB, dan juga pelat nomor.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Piaggio Ape E-Xtra (Cargo/Niaga)

Produk kedua yakni Piaggio Ape E-Xtra memiliki fungsi sebagai kendaraan angkut barang. Lantas karena beban kerja yang lebih berat spesifikasinya dibuat lebih tinggi ketimbang E-City.

Dari lembar spesifikasi, dia dibenamkan baterai dengan kapasitas 51,2V 8 kWh yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 9,55 kW pada 3.500 rpm dan torsinya juga lebih besar di 45 Nm. Dari segi muatan, dia memiliki dimensi panjang bak 180-200 cm, lebar 150 x 80 cm (Pickup)/135 cm (Box).

Sementara untuk dimensi totalnya, dia memiliki panjang 3.315 mm, lebar 1.490 mm, dan tinggi 1.170 mm. Terkait wheelbase bermain di 2.100 mm, ground clearance di 220 mm, dan berat total bersama baterai mencapai 975 kilogram.

Soal fiturnya dibuat identik dengan Piaggio Ape E-City, di mana tersedia power outlet, konektivitas I Connect, Hill-Hold Assist, pengereman regeneratif, tombol emergency kelistrikan, sampai penerangan lampu Blue Vision di bagian depan.

Kedua kendaraan roda tiga ini sama-sama mengusung penggerak otomatik, yang juga memiliki gigi mundur dan mode boost untuk memberikan tenaga tambahan ketika melewati jalanan menanjak. Saat kondisi hujan juga sudah tersedia komponen wiper di bagian kaca depan.

Sayangnya, untuk fitur keselamatan jangan berharap banyak, dia tak dibekali dengan sabuk pengaman maupun pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Oh iya, baik Piaggio Ape E-City dan E-Xtra hanya memiliki kecepatan puncak sampai 45 kilometer per jam saja.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Harga

Bicara harga, untuk menebus Piaggio Ape E-Xtra ini Anda harus merogoh kocek Rp131 juta untuk tipe box dan Rp 125 juta untuk pilihan Pick Up. Untuk mengendarai kendaraan ini cukup membawa Surat Izin Mengemudi (SIM C).

Bagi yang tertarik unitnya sudah bisa dipesan dan jika sesuai rencana, pengiriman ke garasi konsumen akan dilakukan pada Januari 2022 mendatang.

Nah, bukan cuma Piaggio Ape berpenggerak listrik saja, BLM juga menawarkan line-up dengan mesin konvensional seperti di bawah ini, lengkap dengan banderolnya. (Kit/Tom)

Piaggio Ape - Passenger:

  • Piaggio Ape E City - EV (Electric Vehicle) : Rp 115 juta
  • Piaggio Ape City 200 cc - Petrol : Rp 55 juta
  • Piaggio Ape City 230 cc - Petrol : Rp 57 juta

Piaggio Ape - Cargo:

  • Piaggio Ape Xtra LDX 230-Pickup : Rp 61 juta
  • Piaggio Ape Xtra LDX 230-Box : Rp 67 juta
  • Piaggio Ape E-Xtra Pickup (Electric)-Pickup : Rp1 25 juta
  • Piaggio Ape E-Xtra Pickup (Electric)-Box : Rp 131 juta
  • Piaggio Ape Xtra LDX 450-Diesel Pickup : Rp 68 juta
  • Piaggio Ape Xtra LDX 450-Diesel Box : Rp 74. juta
  • Piaggio Ape Xtra City 200-Pickup : Rp 58 juta
  • Piaggio Ape Xtra City 200-Box : Rp 64 juta.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini