Sukses

All New Daihatsu Xenia Masih Pakai Rem Belakang Tromol, Ini Alasannya

Penggunaan rem tromol di roda belakang Xenia baru, bukanlah untuk mengurangi biaya produksi, dan membuat harga jual lebih terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta - Rem cakram masih dianggap lebih baik dibanding tromol. Namun, bukan berarti pabrikan meninggalkan sistem pengereman tersebut, karena hingga saat ini masih banyak digunakan di mobil baru, dan salah satunya all new Daihatsu Xenia.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, penggunaan rem tromol di roda belakang Xenia baru, bukanlah untuk mengurangi biaya produksi, dan membuat harga jual lebih terjangkau.

"Penggunaan rem cakram atau tromol, kembali kepada kebutuhan. Memang, pernah melihat truk pakai cakram?" jelas Bambang, saat berbincang dengan wartawan di sela-sela media test drive all new Daihatsu Xenia, di Semarang, belum lama ini.

Jika berbicara karakteristik, tentu saja rem cakram lebih pakem, dan tentunya bisa menghentikan laju kendaraan dengan lebih cepat. Namun, bukan berarti rem tromol memiliki kualitas yang buruk, karena memang memiliki keunggulan lainnya.

"Rem tromol itu bisa menahan beban besar (beban pengereman) dan itu cocok untuk mobil keluarga. Tapi, jika berbicara responsnya, pengereman lebih pakem menggunakan cakram," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rem Tromol Cocok untuk Mobil Keluarga

Sementara itu, jika mobil sport atau supercar dan juga mobil balap, memang lebih cocok menggunakan rem karena membutuhkan respons pengereman yang lebih cepat.

Namun, untuk mobil keluarga, yang biasa membawa penumpang banyak dan juga barang lainnya, terlebih saat mudik lebaran, lebih cocok menggunakan rem tromol.

"Dengan beban berat, rem tromol akan lebih kuat. Selain itu, secara suhu juga akan lebih stabil, dan tahan panas," Bambang menjelaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.