Sukses

Sebelum Beli Motor Bebek, Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya Lebih Dulu

Segmen motor bebek atau moped, memang tidak sebesar skuter matik (skutik) atau sport. Namun, jenis roda dua ini, masih tetap memiliki penggemar loyal

Liputan6.com, Jakarta - Segmen motor bebek atau moped, memang tidak sebesar skuter matik (skutik) atau sport. Namun, jenis kendaraan roda dua ini, masih tetap memiliki penggemar loyal, dan penjualannya juga masih tetap berjalan hingga saat ini.

Tidak heran, masih banyak pabrikan motor yang terus berinovasi degan memberikan banyak pilihan tipe dan model motor bebek agar mampu bersaing di pasaran.

Nah, bagi yang hendak membeli motor bebek, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib diketahui. Berikut tips dan triknya seperti dilansir di laman resmi Astra Motor:

Kelebihan motor bebek

1. Akselerasi Lebih Nyaman

Motor bebek dilengkapi dengan fitur kopling, fitur ini menjadikan akselerasi sepeda motor bebek lebih halus dan cepat ketimbang motor matik.

Sistem akselerasi ini menjadikan motor bebek lebih responsif dalam menyesuaikan kecepatan dengan putaran mesin pada masing-masing gigi.

Hal ini sangat menguntungkan bagi para pengguna yang membutuhkan efisiensi waktu saat berkendara, motor bebek juga lebih cocok untuk jalanan curam, seperti di pegunungan.

2. Motor Bebek Lebih Irit Bahan Bakar

Karena pengaturan kecepatan dilakukan oleh fitur akselerasi gigi dan kopling maka proses pembakaran mesin pada motor bebek menjadi lebih efisien.

Berbeda dengan motor matik yang menggunakan putaran gas lebih banyak dan menghasilkan pembakaran yang tidak efisien.

Hal ini menjadikan motor bebek lebih irit dalam menggunakan bahan bakar dibandingkan dengan motor matik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Suku Cadang Motor Bebek Lebih Mudah Didapatkan

Sebenarnya jika ditinjau dari kesediaan di pasaran motor matik dan motor bebek sama-sama memiliki ketersediaan suku cadang yang cukup.

Namun, kelebihan motor bebek dibanding dengan motor matik yang memiliki rangkaian yang saling tersambung, motor bebek lebih menyerupai bongkar pasang.

Sehingga satu suku cadang bisa dipakai di motor yang berbeda asalkan memiliki bentuk dan nuansa yang serupa.

4. Harga Motor Bebek Lebih Murah Dibandingkan dengan Motor Matik

Mungkin karena teknologi yang digunakan berbeda dan komponen mesin yang menyatu sehingga harus diproduksi per tipe menjadikan harga jual motor matik lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek.

Sebagai contoh motor keluaran Honda dengan harga paling murah di masing-masing model memiliki selisih sekira satu jutaan rupiah.

Motor matik BeAT dipasaran seharga Rp 16.665.000, sedangkan motor bebek Revo X hanya dibanderol Rp 15.110.000.

3 dari 4 halaman

Kelemahan Motor Bebek

1. Sulit Dikendarai

Poin ini berlaku untuk pemula. Bagi pengendara yang masih pemula fitur kopling yang merupakan faktor plus dalam akselerasi dan iritnya bahan bakar menjadi hal yang sangat mengganggu.

Karena mengganti gigi sambil berusaha menyeimbangkan sepeda motor dalam keadaan melaju bukanlah hal yang mudah bagi pengendara pemula.

2. Melelahkan saat Macet

Bagi pengendara motor matik dapat mengistirahatkan tangan dan kaki saat menghadapi kemacetan.

Kebalikan dengan pengendara motor bebek kaki harus siap sedia menekan kopling untuk mengganti gigi, untuk menyesuaikan kekuatan mesin dengan jarak pendek-pendek yang dilalui saat macet.

Jika motor bebek yang dikendarai tidak memiliki fitur kopling tangan, kaki Anda tetap harus mengganti gigi setiap kali kamu berhenti dan jalan.

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Hindari Jeratan Pinjol Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini