Sukses

Cara Kerja dan Fungsi Traction Control System pada Sepeda Motor

Kendaraan dengan fitur keselamatan yang lengkap, kini mulai menjadi perhatian calon konsumen

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan dengan fitur keselamatan yang lengkap, kini mulai menjadi perhatian calon konsumen. Dengan begitu, banyak pabrikan yang menyadari hal tersebut, dan terus berinovasi menghadirkan teknologi canggih terkait hal tersebut, dan salah satunya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Bahkan, jenama berlambang garpu tala ini, mulai menyematkan salah satu fitur keselamatan yang biasanya hanya digunakan di motor gede alias moge, seperti traction control system di all new Yamaha NMax 155 Connected ABS.

Dijelaskan ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT YIMM, Dalam mendukung keselamatan berkendara untuk mobilitas harian penggunanya, generasi terbaru NMax telah dilengkapi dengan beragam fitur unggulan yang dapat membuat skutik ini lebih mudah untuk dikendalikan di berbagai kondisi jalan, mulai dari sistem pengereman Dual Channel ABS sampai dengan fitur traction control system.

"Khusus untuk TCS sendiri, fitur yang banyak dijumpai pada motor berkapasitas mesin besar ini mampu menjaga traksi ban tetap optimal sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin," jelas Anton.

Secara teknis, fitur TCS berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di permukaan jalan yang licin, seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.

Adapun kerja fitur ini memanfaatkan perangkat speed sensor yang membaca kecepatan putaran roda depan maupun belakang. Ketika sensor mendeteksi adanya perbedaan kecepatan, maka informasi tersebut akan langsung dikirimkan ke ECU dan kemudian ECU akan meresponnya dengan mengurangi putaran mesin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mengurangi putaran mesin

Cara mengurangi putaran mesin ini sendiri dilakukan dengan dua cara, yaitu memundurkan waktu pengapian (ignition delay) dan bisa juga dengan mengurangi suplai bensin ke ruang pembakaran.

Pada mode default atau setelan pabrikan, fitur TCS di all new NMax 155 Connected ABS dalam kondisi menyala atau aktif. Fitur ini juga dapat dimatikan dengan cara menekan tombol switch control yang ada di kiri setang kemudi. Setelah itu menu pilihan On dan Off nya dapat dilihat pada tampilan layar speedometer.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Ingat Pesan Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.