Sukses

Usia Honda BR-V Lawas Cuma Sampai Akhir Tahun, Cek Besaran Diskonnya

Liputan6.com, Jakarta - Generasi terbaru Honda BR-V belum lama ini telah diperkenalkan PT Honda Prospect Motor (HPM). Meski demikian, unit anyar tersebut baru tersedia di tahun depan.

Dan hingga saat ini, produksi Honda BR-V lawas masih diproduksi dan tetap tersedia hingga akhir 2021. 

"Kalau sekarang ini masih berjalan, ya. Rencana sampai jelang akhir tahun, yang pasti kita tidak mungkin produksi model baru dan lama bersamaan," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Lantas mengapa HPM masih menjual dan memproduksi Honda BR-V lawas? Billy mengatakan meski konsumen sudah bisa melakukan pemesanan all new BR-V, unitnya baru akan tiba di garasi mulai tahun depan.

Nah mengisi kekosongan sampai 3 bulan ke depan maka dari itu mereka masih meniagakan BR-V generasi pertama.

Kami coba menanyakan stok unit BR-V lawas di beberapa jaringan diler mobil Honda di Jakarta. Mayoritas sudah tak lagi memiliki model lawasnya, namun salah satu diler di kawasan Cinere, Depok punya beberapa unitnya.

Dijelaskan oleh wiraniaga Honda tersebut, stok unit di dilernya hanya menyisakan tipe BR-V matik saja. Cukup menggiurkan karena mereka memberikan diskon sampai Rp 13 juta termasuk potongan PPNBM 100 persen.

Namun perlu dicatat, besaran diskon tersebut hanya berlaku untuk pembelian secara kredit dan memotong besaran uang muka. Sementara jika memilih jalur pembelian tunai tenaga penjual bisa memberikan diskon harga Rp 10 juta

"Tipe matik kita masih ada untuk tipe Honda BR-V E dan Prestige, yang transmisi manual kita sudah kosong. Kalau berminat nanti dipotong (harganya) sesuai OTR yang sudah kena PPnBM 100 persen," kata tenaga penjual Honda kepada OTO.com, Senin (27/9/2021).

Gimmick memberikan potongan harga cukup besar diakui tenaga penjual sebagai strategi menghabiskan sisa stok di dilernya sampai akhir tahun. Terkait sisa unit, menurutnya Honda BR-V lawas tak lagi tersedia banyak. "Kita masih ada beberapa unitnya untuk tipe matik , tidak banyak lagi. Jadi siapa cepat dia dapat," katanya.

Dari daftar harga yang OTO.com terima, banderol Honda BR-V lawas matik tipe E dijual dengan harga OTR Jakarta 263,8 juta.

Sementara Honda BR-V tipe Prestige punya banderol Rp 279,6 juta. Harga tersebut sudah dikalkulasi dengan skema PPnBM 100 persen

"Dua-duanya punya NIK 2021, kemungkinan harganya akan naik di bulan depan terkait dengan kebijakan dari pemerintah tentang pajak Co2 (emisi). Estimasi naik Rp 8 jutaan," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tunai atau Kredit?

Oke, biar lebih mudah biar kami hitungkan harga Honda BR-V lawas setelah dapat diskon cuci gudang.

Jika tertarik membeli BR-V tipe E matik dengan harga OTR Rp 263,8 juta, setelah dihitung dengan besaran diskon tadi harganya menjadi Rp 253,8 juta jika membeli secara tunai.

Sementara untuk tipe Prestige dengan OTR Rp 279,6 juta akan memiliki banderol Rp 269,6 juta jika membeli secara tunai.

Dan apabila lebih tertarik membelinya secara kredit, tenaga penjual bisa memberikan potongan harga OTR namun hasil dari kalkulasi dengan potongan besaran uang muka. 

"Di Honda tidak bisa memberikan potongan diskon langsung (Rp 13 juta) ke harga OTR jika membeli secara kredit. Jadi caranya kita akan memotong Rp 8 juta dari harga OTR, dan sisanya Rp 5 juta kita potong ke besaran DP (down payment). Atau jika mau lebih mudah langsung saja Rp 13 juta itu dipotong ke besaran uang muka," katanya.

Bagaimana, tertarik membeli Honda BR-V tipe lawas? Atau siap memesan model barunya?

Berikut daftar harga Honda BR-V NIK 2021 per September 2021:

Tipe 1.5 S M/T Rp 239.500.000

1.5 E M/T Rp 254.600.000

1.5 E CVT Rp 263.800.000

1.5 E PRESTIGE CVT Rp 279.600.000 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19