Sukses

Mengenal Sejarah Vespa di Indonesia dari Generasi ke Generasi

Tahun ini menjadi momen penting bagi Vespa. Tidak hanya merayakan ulang tahun ke-75, merek asal Italia ini juga mampu mencapai produksi lebih dari 19 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini menjadi momen penting bagi Vespa. Tidak hanya merayakan ulang tahun ke-75, merek asal Italia ini juga mampu mencapai produksi lebih dari 19 juta unit.

Belum lama ini, PT Piaggio Indonesia, secara resmi memperkenalkan Vespa 75th Anniversary Limited Edition yang direpesentasikan oleh dua model ikonik Vespa, yaitu Vespa Primavera 150 dan Vespa GTS untuk merayakan dua pencapaian yang luar biasa ini.

PT Piaggio Indonesia ingin mengajak seluruh pencinta Vespa di Indonesia untuk mengenang kembali sejarah dan cerita Vespa di tanah air.

Rentang waktu

1950-an: Merupakan era yang paling bersejarah bagi Vespa karena di era inilah Vespa lahir dan berkembang, di Indonesia. Kehadiran Vespa keluaran era awal kelahirannya pun masih menjadi primadona sampai saat ini di Indonesia.

Hal ini dikarenakan oleh Vespa yang hadir sebagai kendaraan roda dua dengan bentuk unik, berkarakter serta revolusioner pada masanya.

1960-an: Setelah dekade pertama sejak kelahirannya, Vespa semakin diterima dan popular. Di masa ini, Vespa disorot karena dipilih untuk menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia.

Pemerintah Indonesia memberikan Vespa atas jasa Kontigen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo. Momentum ini menjadi sebuah torehan sejarah yang berarti dan mendalam bagi Vespa di Indonesia.

1970-an: Kejayaan Vespa terus berlanjut, melalui model-model klasik dan ikonik, dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc dan Vespa Special 90cc. Sampai hari ini, Vespa model klasik dan ikonik tersebut masih bernilai di mata para pecinta Vespa juga sebagai gaya simbolik klasik yang penuh gaya.

1980-an: Di era ini, Vespa yakin bahwa Indonesia siap untuk menarik perhatian pecinta otomotif dengan line up big engine. Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc merupakan dua model big engine pertama yang dipasarkan di Indonesia dan diapresiasi oleh seluruh pecinta Vespa di Indonesia hingga saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1990-an

1990-an: Vespa Corsa yang dilengkapi starter elektrik dan transmisi matik hadir pertama kali di Indonesia. Vespa Corsa sendiri memulai peralihan Vespa klasik menuju Vespa modern sehingga menjadikan Vespa Corsa sebagai pelopor motor matik di Tanah Air.

2000-an: Menandai ulang tahun ke-50, Vespa mempersembahkan Vespa ET dalam tiga versi: Vespa ET4, Vespa ET2, dan Vespa ET2 Injection. Vespa ET4 mendulang popularitasnya di era milenium karena untuk pertama kalinya, Vespa hadir dengan mesin 4-tak serta transmisi fully automatic. Vespa ET4 juga menjadi basis Vespa Ferrari Limited Edition yang dibuat khusus untuk tim Ferrari saat merayakan pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia Formula 1.

2011: Karena antusiasme masyarakat Indonesia terhadap Vespa begitu tinggi, PT Piaggio Indonesia hadir secara resmi di Indonesia untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi konsumer di market ini. Produk pertama yang dibawa oleh PT Piaggio Indonesia adalah Vespa LX 150 2v dan Vespa S 150 2v yang langsung digemari oleh pecinta Vespa di tanah air.

2012: Vespa kembali menghadirkan line up big engine dengan menghadirkan Vespa GTS 250 sebagai flagship dari Vespa 2012, dan juga Vespa PX 150 yang unik dan klasik bagi pecinta Vespa.

 

3 dari 5 halaman

2013

2013: Setelah mengawali kehadiran Vespa resmi di bawah naungan PT Piaggio Indonesia, PT Piaggio Indonesia memperluas rangkaian produknya dengan meluncurkan Vespa Primavera 150 3v, Vespa Sprint 150 3v dan Vespa 946 Ricordo Italiano.

2015: Untuk menekankan komitmennya bagi seluruh pecinta lifestyle dan otomotif, Vespa berkolaborasi dengan Giorgio Armani, salah satu brand ternama di dunia dan meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani. Kolaborasi ini merupakan interpretasi dari perayaan dua ulang tahun merek Italia yang mendunia, yakni ulang tahun Piaggio Group yang ke-130 dan brand Giorgio Armani yang ke-40.

2016: Merayakan ulang tahun yang ke-70, Vespa menghadirkan Vespa Settantesimo atau Vespa 70th Anniversary yang direpresentasikan oleh model Vespa PX, Primavera, dan GTS. Ketiga Vespa edisi terbatas ini dibalut dengan warna Azzurro 70, warna biru muda khas tradisi Vespa. Di tahun yang sama, Vespa juga memulai pembaharuan mesin dengan memperkenalkan teknologi mesin i-get.

4 dari 5 halaman

2017

2017: PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa GTS 300, sebagai Vespa bertenaga big engine yang menjadi standar terbaru bagi Vespa GTS di masa depan.

2018: Tahun 2018 menjadi tahun yang juga istimewa bagi Vespa karena model klasik dan abadi, Vespa Primavera berulang tahun ke-50. Vespa Primavera telah mewarnai hari-hari para pecinta Vespa selama setengah abad, dan masih tetap digemari sampai hari ini.

2019: Dari tahun ke tahun, Vespa selalu ingin memukau dan memberikan kejutan baru bagi para pecintanya di tanah air. Oleh karena itu, di tahun 2019, Vespa Indonesia kembali melengkapi pilihan ragam produknya dengan menghadirkan produk baru Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS. Vespa Super Tech 300 HPE menjadi Vespa pertama yang dilengkapi fitur layar digital TFT berwarna.

2020: Pada tahun ini, Vespa menghebohkan industri kendaraan roda dua dan lifestyle dengan berkolaborasi dengan seniman kelas dunia melalui Vespa Primavera Sean Wotherspoon dengan jumlah yang sangat terbatas. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari Vespa yang selalu berjiwa muda dan relevan dari generasi ke generasi.

2021: Menjadi tahun penuh perayaan bagi PT Piaggio Indonesia, terutama bagi Vespa yang berulang tahun ke-75 dan telah mencapai lebih dari 19 juta unit produksi secara global. Sebelumnya, Vespa juga memberikan kejutan yang tidak kalah istimewa dengan Vespa Picnic.

5 dari 5 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Dugaan Prank Donasi Fantastis Rp 2 Triliun

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.