Sukses

Terduga Hyundai Creta Melenggang di Tol Cipali, Kode Bakal Segera Meluncur?

SUV kompak yang diduga Hyundai Creta tertangkap kamera tengah melintasi Top Cipali.

 

Liputan6.com, Jakarta - SUV kompak yang diduga Hyundai Creta tertangkap kamera tengah melintasi Top Cipali. Spekulasi pun berkembang. Bukan tidak mungkin, model ini akan menjadi produk perdana Hyundai yang lahir dari pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat.

Ya, rumor kalau sang SUV kompak berlogo 'H' italic bakal mengaspal di Tanah Air telah beredar cukup lama. Sempat terjepret sedang wara-wiri dengan balutan kamuflase tebal.

Pun pada foto ini ia terlihat masih enggan melepas pakaian pengecoh. Kendati begitu, diduga kuat sebagai Creta lantaran profil jendela khasnya terekspos cukup jelas dengan wheelbase pendek.

Eksistensi Creta bisa saja ditujukan untuk menggantikan Kona bermesin bensin di sini. Mengingat sekarang Kona tersisa dalam format EV, Creta sepertinya paling tepat dijadikan sebagai perwakilan pabrikan dalam ring tinju crossover konvensional.

Karakter mendasar terbilang cocok, suguhkan kapasitas angkut lima penumpang dengan gaya SUV yang tengah digandrungi.

Di samping itu, pilihan jantung pacu tampaknya membuat ia lebih mudah untuk beradaptasi. Masuk dalam kompetisi untuk menggeser Honda HR-V dengan bermain aman. Sesuai arus utama, tersaji mesin empat silinder 1.500 cc sebagai standar.

Mampu buncahkan tenaga di atas ambang moderat sebesar 115 PS dan torsi 143,8 Nm. Opsi transmisi manual enam percepatan atau otomatis iVT siap untuk dikawin.

Kalau mau mengimbangi potensi di kelas Prestige juga tidak jadi masalah sebab Hyundai memiliki enjin 1.400 cc turbo. Suguhkan ekstraksi tenaga sampai 140 PS dengan momen puntir 242 Nm.

Entah seperti apa strategi perbekalannya bila benar pabrikan mau menempatkan Creta sebagai kontestan baru. Namun setidaknya bisa diekspektasikan berbekal sederet fitur kekinian.

Sebut saja penerangan full LED, akses smart entry, automatic climate control, hingga sistem infotainment berisi konektivitas smatphone. Sebagai diferensiasi nilai jual, mungkin juga mejeng peranti seperti instrumentasi digital dan wireless charger. Mungkinkah turut

Calon Pertama Hyundai Kelahiran CikarangCreta sendiri diisukan berpotensi jadi produk pertama fasilitas produksi teranyar di Cikarang, Jawa Barat.

Kebetulan atau tidak, ia wara-wiri di saat pabrikan tengah merampungkan pembangunan pabrik. Bahkan prosesnya sendiri disebut sudah selesai 90 persen, seperti dilansir dari Liputan6.com (9/4/2021).

"Progresnya sudah 90 persen. Jadi, walaupun kondisi pandemi kita masih on track," jelas Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur saat konferensi pers peluncuran virtual new Santa Fe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkiraan Produksi

Dengan demikian, bukan tidak mungkin proses produksi dimulai akhir tahun ini. Hal ini turut menjadi harapan Hyundai.

"Kita harapkan pada akhir tahun ini sudah bisa produksi mobil buatan lokal Indonesia untuk pertama kali," pungkas Makmur.

Meski belum diketahui secara pasti apa saja modelnya, Creta terindikasi lahir dari fasilitas produksi tersebut. Pasalnya, pada laporan terpisah dikabarkan Hyundai berencana memproduksi SUV kompak.

Bersaman dengan itu, akan lahir pula MPV kompak dan sedan yang dirancang khusus market Asia Tenggara. Juga mereka tengah menjajaki produksi kendaraan listrik di sana.

Andai benar sang SUV kompak akan dilempar ke pasaran, ada kemungkinan ia berkenalan sekitar akhir tahun.

Baru dari situ, Creta bisa mulai mengaspal sekitar awal 2022 seiring berlangsungnya proses produksi. Kita nantikan saja kabar baiknya.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.