Sukses

Mobil Mewah Mercedes-Benz Tiba-Tiba Melintir di Jalan Tol, Videonya Viral Jadi Sorotan Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan mobil kerap terjadi di jalan bebas hambatan atau tol. Penyebabnya, biasanya dikarenakan human error lantaran pengemudi tak pandai dalam mengontrol laju mobil.

Seperti Mercedes-Benz C63 AMG yang satu ini. Di tengah jalan tol, mobil dengan kelir hitam ini justru tergelincir dengan sendirinya tanpa adanya penyebab dari mobil lain.

Hal tersebut sontak menjadi perhatian warganet, karena ada beberapa spekulasi yang mengatakan bahwa karena jalan basah akibat hujan atau dikarenakan adanya fitur traction control yang diaktifkan di saat yang tidak tepat.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram supercar fails, Mercedes-Benz C63 AMG tersebut tidak langsung mengalami kecelakaan. Namun, sebelum mobil tersebut terjerembab di pinggir lintasan mobil ini sudah terlihat mengalami kehilangan traksi terhadap aspal.

Setelah gagal traksi sebelum kecelakaan, mobil masih bisa dikendalikan oleh pengemudi. Namun, beberapa saat kemudian, mobil menjadi lebih liar dan tidak bisa dijinakkan pengemudinya.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Supercar Fails (@supercar.fails)

2 dari 3 halaman

Kenali Fungsi Traction Control Pada Mobil

Setelah kehilangan kendali tersebut, mobil benar-benar tidak bisa dikoreksi sehingga posisi mobil miring dan menghantam tanah serta pohon yang ada di dekatnya.

Melihat kejadian tersebut, traction control yang begitu kuat menjadi penyebab kecelakaan tunggal ini. Pasalnya, mobil yang mengalami spin pada roda belakang menjadi penyebab mobil ini hilang kendali.

Sebagaimana fungsinya, traction control ini memang merupakan teknologi yang dapat membantu atau mencegah adanya slip ban pada saat mobil melakukan akselerasi.

3 dari 3 halaman

Infografis Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali