Sukses

Pencinta Touring Wajib Tahu, Begini Cara Aman Mendokumentasikan Perjalanan

Touring atau melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat, menjadi salah satu kegemaran pecinta sepeda motor.

Liputan6.com, Jakarta - Touring atau melakukan perjalanan jauh ke suatu tempat, menjadi salah satu kegemaran pecinta sepeda motor. Biasanya, saat di jalan, para bikers ini mendokumentasikan hobinya tersebut, untuk bisa diperlihatkan atau sebagai kenang-kenangan.

Tapi, perlu diingat, mendokumentasikan perjalanan menggunakan roda dua, harus dilakukan dengan cara yang tepat dan aman.

Lalu, bagaimana sih tips dan cara mudah mendokumentasikan perjalanan dengan motor yang aman? Berikut tipsnya, seperti dilansir dari laman resmi Federal Oil:

1. Tetap Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Sebagai seorang pengguna jalan raya, harus tetap mematuhi segala peraturan yang ada di manapun tempat itu berada, sejauh apapun motormu berada peraturan lalu lintas haruslah ditaati. Peraturan lalu lintas dibuat untuk mengatur jalannya lalu lintas sehingga bisa aman dan terkendali. Gunakan helm standar, dan perlengkapan berkendara jarak jauh seperti jaket, dan sepatu.

2) Siapkan Peralatan

Cara kedua jika ingin mengabadikan dengan menggunakan smartphone bisa bergoncengan dengan teman, dan suruh yang berada di belakang untuk mengabadikan momen berharga dan indah tersebut. Tapi tetap hati – hati dan jangan terlalu ngebut.

Ada baiknya juga memilih perlengkapan kamera yang memiliki fasilitas dan fitur stabilizer yang baik.

Merekam sebuah perjalanan apalagi menggunakan sepeda motor memerlukan kamera dengan stabilitas tinggi, karena kita berada di jalan dan banyak pergerakan sehingga tidak memungkinkan untuk kamera yang tidak memiliki stabilizer.

Tapi jangan khawatir kebanyakan action cam, dan juga smartphone di jaman sekarang ini sudah memiliki fitur ini, hanya saja tiap brand dan jenis berbeda – beda kualitas dari stabilizer yang mereka tawarkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rencanakan Perjalanan

Terkadang rencana perjalanan akan sangat membantu dalam proses pembuatan dokumentasi. Kenapa harus merencakan rencanan dokumentasi? Pertama tentunya adalah masalah kapasitas baterai dari kamera.

Action cam, dan juga smartphone memiliki kapasitas baterai yang terbatas, ketika perjalanan jauh tentunya kita jarang kan berhenti di tempat yang memiliki fasilitas sumber listrik? Kalaupun ada kita harus berhenti dahulu cukup lama sehingga dengan begitu bisa mengisi ulang daya baterai kamera yang kita miliki.

Rencana ini bertujuan untuk menghemat kapasitas baterai yang ada agar benar – benar optimal proses dokumentasi yang kita buat.

Tentukan daerah mana saja yang akan kita dokumentasikan, jangan semua harus di dokumentasikan, karena jika semua tempat kita dokumentasikan tentunya akan memakan kapasitas baterai dan memori yang cukup besar.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Ketahui Perbedaan Gejala Covid-19 Varian Alpha, Beta dan Delta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.