Sukses

Bermodalkan Bahan Bangunan, Brigadir Polisi Buat Mobil Bergaya Sport

Liputan6.com, Labuan - Seorang aparat kepolisian, Brigadir Ian Aditya menyulap mobil biasa menjadi mobil bergaya sport sendiri. Pria ini merupakan anggota Polsek Labuan, Resor Donggala, Sulawesi Tengah.

Terbilang unik, lantaran ia membongkar mobil bekasnya. Kemudian merakit dan membuat sendiri mobil sport yang begitu keren.

Ingin tahu penampakan mobil buatan sendiri sang Brigadir Polisi ini? Berikut ulasannya.

Melansir dari kanal YouTube Ian Bapontar, Brigadir Ian masih memperhalus kondisi mobil sport hasil rakitannya sendiri. Berawal dari membeli mobil bekas merek Honda Civic Nova warna abu-abu kemudian dibongkar hingga diperoleh bagian dalam mesin.

"Ya ngomong-ngomong memang proses terjadinya mobil ini banyak tahapannya ya yang dilewati. Dari mobil awal Honda Civic Nova yang saya bongkar, saya potong-potong semua," kata Brigadir Ian.

Barulah Brigadir Ian membuat rangka dengan besi bangunan dan tripleks. Tak ayal ia membutuhkan banyak perekat berupa lem dan isolasi. Meski begitu, tampilan mobil rakitannya tak kalah menarik dengan mobil sport pada umumnya.

"Saya buatin rangkanya dari besi bangunan, terus dibungkusin pakai tripleks. Terus pakai isolasi dan sebagainya sampai terbentuklah mobil kaya gini. Terus bodi mobil ini dari fiber," terangnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waktu Pengerjaan Mobil Sport Sendiri

Mobil sport yang didominasi warna kuning itu kini sudah menghabiskan dana sekitar Rp70 juta. Itu sudah termasuk harga mobil awal Rp32 juta.

Waktu yang dibutuhkan oleh Brigadir Ian untuk menghasilkan mobil sport ini sekitar 11 bulan.

"Lamanya pengerjaan ini ya sudah 11 bulan lebih. Sebenarnya kalau saya fokus ke mobil ini, mungkin bisa 7 bulan lebih cepat. Tapi ya mau bagaimana lagi, ada tugas juga saya sebagai abdi negara Polri. Jadi harus mengutamakan tugas," papar Ian. 

Sebagian besar bahan yang dibutuhkan untuk membuat mobil sport itu sendiri ialah fiber. Ian juga menggunakan besi bangunan dan tripleks. Selain itu penggunaan cat masih dasar belum dihaluskan lagi.

"Bahan-bahan pembuatan mobil ini 80 persen dari fiber. Untuk pengecatannya saya buat seperti ini dulu. Belum clear ya. Ini kalau dilihat memang sudah mengkilap ya. Tapi ini belum diolesin lagi," ujar Ian.

 

3 dari 3 halaman

Kendala Membuat Mobil Sport Sendiri

Tentunya bukan hal mudah menyulap mobil bekas menjadi mobil mewah. Namun Brigadir Ian mengaku sulit untuk menghilangkan gelombang yang ditimbulkan dari fiber. Ditambah lagi, ada bagian yang belum rata.

"Kendalanya di bagian bodi mobil ini masih banyak tempat-tempat yang belum rata. Masih banyak gelombangnya. Ya harap maklum. Sampai kemarin saya kepikiran gelombang-gelombang kecilnya mau saya hilangkan. Mau didempul lagi," ucap Ian.

Sementara itu, Brigadir Ian akan memerhatikan bagian interiornya dulu. Karena ia sudah membeli kulit, karpet, busa dan masih banyak lagi.

"Tapi ya itu mungkin makan waktu lebih lama. Sementara saya mau fokus ke interiornya dulu," pungkasnya. 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.