Sukses

Sambil Ngabuburit, Yuk Bersihkan Jok Mobil yang Mulai Berjamur

Sambil menunggu waktu berbuka, bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan jamur pada lapisan jok. Berikut cara mudahnya!

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi curah hujan yang tinggi, tidak hanya membuat bagian luar mobil saja yang harus diperhatikan. Tetapi, kondisi interior juga sering menjadi lembab karena kondisi AC yang dinyalakan sehingga terkadang membuat jamur tumbuh di permukaan jok mobil.

Jika sudah seperti itu, jangan panik atau gelisah karena untuk membersihkannya sangat mudah. Apalagi di tengah bulan Ramadan ini, bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Namun, dalam melakukan pembersihan jamur tersebut, harus dibedakan berdasarkan pelapis jok yang digunakan. Meskipun dari beberapa bahan pelapis tersebut jamur tetap bisa dilakukan, namun harus mendapat treatment yang tepat agar tidak merusak lapisan kulit jok tersebut.

Dikutip berbagai sumber, mengenai membersihkan jamur dari jok kulit bisa menggunakan kain halus serta penggunaan air hangat. Namun ingat, penggunaan anti jamur pada lapisan kulit tersebut juga diperlukan.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Detail Pengerjaan Membersihkan Jamur

1. Jok Kulit Sintetis

Penggunaan bahan pelapis ini memang rentan terhadap tumbuhnya jamur. Namun, jika jamur sudah mulai muncul, salah satu hal yang bisa diperbuat untuk membersihkannya adalah menggunakan kain halus seperti microfiber serta ditambah dengan air hangat. Kemudian, basuh secara perlahan. Jika jamur masih bertahan di lapisan jok, Anda bisa menggunakan sampo bayi sebagai alternatifnya.

2. Jok Berbahan Beludru

Untuk membersihkan jamur di atas kulit beludru, biasanya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih. Namun, yang harus diingat jika jok kulit tersebut menggunakan bahan ini, jangan melakukan gosokan dua arah. Dikhawatirkan akan merusak bahan tersebut.

Agar hasil maksimal, setelah dibersihkan menggunakan cairan pembersih, jangan lupa mengeringkan bagian tersebut dengan kap bersih dan dijemur di tempat panas. Untuk mempermudah, kursi mobil bisa dilepas terlebih dahulu.

3. Jok Berbahan Vinyl

Jika pelapis jok mobil mulai berjamur namun menggunakan bahan vinyl, tentunya hal ini akan menjadi lebih sangat mudah untuk dibersihkan. Untuk membersihkannya, hanya perlu menggunakan pembersih khusus jamur dan dilap menggunakan kain yang halus.

Namun, jika masih ada jamur yang membandel, maka bisa dibantu dengan penggunaan baking soda dan dicampur dengan air sebagai pembersihnya. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, maka jangan lupa untuk mengelapnya secara langsung dan jangan ditunda karena dikhawatirkan akan meninggalkan bercak pada lapisan jok.

3 dari 3 halaman

Konsumsi dan Produksi Kopi Indonesia 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.