Sukses

Toyota Hadirkan 2 Mobil dengan Teknologi Bantuan Pengemudi, Seberapa Canggih?

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp resmi meluncurkan model baru Lexus dan Mirai di Jepang, yang dilengkapi dengan bantuan pengemudi tingkat lanjut. Kendaraan ini hadir di tengah panasnya persaingan memanas untuk mengembangkan lebih banyak mobil yang dapat dikemudikan sendiri.

Melansir Asia Nikkei, peluncuran terbaru Toyota datang saat pembuat mobil, startup mobil listrik, dan raksasa teknologi berinvestasi besar dalam apa yang disebut fitur keselamatan aktif.

Teknologi bantuan mengemudi baru dari pembuat mobil Jepang, atau Advanced Drive dilengkapi dengan sistem otonom level 2 yang membantu dalam pengemudian, seperti membatasi mobil di jalurnya, menjaga jarak dengan kendaraan lain, dan berpindah jalur di bawah pengawasan pengemudi di jalan tol.

Sedan mewah Lexus LS akan dijual dengan harga 16,3 juta yen dan 17,9 juta yen. Sedangkan Mirai generasi kedua, akan ditawarkan dengan harga antara 8,4 juta dan 8,6 juta yen.

Dijelaskan Eksekutif Toyota, James Kuffner, model-model baru Toyota ini merupakan produk pertama Toyota yang dibawa ke pasar dengan teknologi AI.

"Ini benar-benar langkah pertama yang penting dalam perjalanan kami menuju pengembangan perangkat lunak yang mengutamakan perangkat lunak," ujarnya.

 

2 dari 4 halaman

Perangkat lunak mobil

Sementara itu, Kuffner mengatakan, pada masa depan fitur perangkat lunak di mobil akan dapat ditingkatkan dan lebih dapat disesuaikan seperti cara orang mempersonalisasi ponsel cerda seseorang.

Mobil yang sepenuhnya otonom, kemungkinan masih akan bertahun-tahun lagi.

3 dari 4 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: