Sukses

Isuzu Panther Resmi Disuntik Mati, Bagaimana Nasib Suku Cadangnya?

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi mengumumkan menyetop produksi Isuzu Panther. Hal ini disampaikan langsung oleh Attias Asril selaku Marketing Division Head PT IAMI saat virtual press conference kemarin, 10 Februari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi mengumumkan menyetop produksi Isuzu Panther. Hal ini disampaikan langsung oleh Attias Asril selaku Marketing Division Head PT IAMI saat virtual press conference kemarin, 10 Februari 2021.

Seiring dengan berhentinya produksi Isuzu Panther, tentu para pemilik MPV diesel ini bertanya-tanya mengenai ketersediaan suku cadang ke depannya. Menanggapi hal tersebut, Heri Wasesa selaku After Sales Service Division Head Astra Isuzu angkat bicara.

" Selama 8 tahun ke depan masih kita jamin spare part-nya. Faktanya ketika ada permintaan kemudian ada market, pasti akan dilayani dan tentunya disesuaikan dengan volume kebutuhan. Sampai hari ini, kendaraan yang masuk ke bengkel-bengkel kami masih ada yang dari tahun 1990-an akhir, bahkan cukup besar. Jadi mobil Isuzu yang sudah berumur 20 tahun rutin masuk ke bengkel kami. Jadi ketersediaan spare part-nya tidak usah khawatir," ungkap Heri saat virtual press conference.

Untuk diketahui, dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), produksi Isuzu Panther total hanya 208 unit pada Januari dan Februari 2020. Per periode Maret 2020, MPV yang sempat berjaya di era 1900-an itu sudah tak lagi diproduksi.

Sementara itu, PT IAMI masih terus mendistribusikan Isuzu Panther ke jaringan dealer sampai Oktober 2020 lalu. Pengiriman terbesarnya pada periode Februari 2020 sebesar 83 unit. Total, selama Januari sampai Oktober 2020, Isuzu Panther terdistribusi sebanyak 287 unit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isuzu Panther Disuntik Mati, All-New MU-X 2021 Meluncur

Produksi Isuzu Panther di Indonesia resmi dihentikan. Meski begitu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) akan menghadirkan model terbaru dari SUV andalannya saat ini, All-New MU-X 2021.

Direktur IAMI Rahmat Samulo dalam Isuzu Media Gathering 2021 yang digelar secara virtual, Rabu (10/2/2021), mengatakan, MU-X terbaru itu akan membawa sejumlah perubahan atau perbaikan dari model sebelumnya. Perubahan itu dilakukan setelah dalam beberapa tahun terakhir Isuzu terus mempelajari keinginan pasar Indonesia dan mengevaluasi kehadiran MU-X.

Selain All-New MU-X 2021, Isuzu juga akan menghadirkan truk pikup terbaru dengan menambahkan model D-Max yang sudah beredar di Indonesia selama ini.

Presiden Direktur IAMI Ernando Demely menegaskan, pihaknya akan memfokuskan bisnisnya di Indonesia pada segmen kendaraan komersial (commercial vehicle), yang ditandai dengan disuntik matinya Isuzu Panther.

Selama 2020, IAMI telah menjual total 17.855 unit kendaraan komersial, atau tumbuh 0,7 persen dibanding 2019, dengan pangsa pasar 3,1 persen. Dari total penjualan itu, Isuzu Traga mengambil porsi 6.660 unit dengan market share 30,6 persen, Isuzu Elf 8.596 unit (22,4 persen), dan Isuzu Giga 1.292 unit (13,2 persen). 

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.