Sukses

Kaca Film Punya Peran Penting Saat Musim Hujan, Simak Tips Pemilihan dan Perawatannya

Pengendara mobil wajib meningkatkan kewaspadaan kala berkendara saat hujan. Pasalnya, kondisi jalan yang relatif licin, visibilitas pengemudi juga berkurang lantaran guyuran air hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengendara mobil wajib meningkatkan kewaspadaan kala berkendara saat hujan. Pasalnya, kondisi jalan yang relatif licin, visibilitas pengemudi juga berkurang lantaran guyuran air hujan.

Selain ban dan wiper, komponen lain pada mobil yang mesti diperhatikan saat musim hujan seperti ini adalah kaca film. Pemilihan kaca film yang tepat dinilai mampu mengurangi potensi kecelakaan akibat gangguan visibilitas.

Billy Susanto selaku Head of Aftersales PT. V-KOOL Indo Lestari menyebut, memperhatikan soal visibilitas sangat lah penting karena ini yang membuat pengendara bisa fokus dalam berkendara.

"Kalau visibilitas tidak bagus, maka otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang," terang Billy dalam keterangan resminya.

Ia pun memberikan sedikit tips dan trik terkait pemilihan dan perawatan kaca film mobil. Sebelum masuk ke penjabaran mengenai pemilihan dan perawatan kaca film, dirinya mewanti-wanti mengenai kondisi kaca mobil itu sendiri.

"Pastikan kaca mobil tidak berembun ketika berkendara saat hujan," katanya.

Dirinya menjelaskan, kaca mobil yang berembun ketika hujan dapat mengganggu pandangan pengemudi serta dapat berakibat bahaya. "Akibatnya pandangan jadi buram sehingga Anda sulit melihat dengan jelas dan berpotensi menabrak," ujar Billy.

Menurutnya, AC yang tidak dapat menyala dengan maksimal membuat suhu kabin jadi sedikit lebih hangat ketimbang suhu luar sehingga embun menyelimuti kaca dalam.

Jika kondisinya seperti ini, dirinya menyarankan agar pemilik mobil segera melakukan perawatan atau perbaikan agar embun di kaca tak lagi muncul.

"Lakukan penggantian karet wiper yang sudah getas atau perbaiki AC apabila embusannya sudah kurang sejuk," jelasnya.

Ia juga mengingatkan untuk menjaga kondisi kabin mobil agar selalu bersih dan kering dengan membersihkan karpet dek mobil secara teratur dan jangan lupa dijemur selama beberapa jam.

"Karpet yang agak basah menyebabkan udara di kabin ikut lembab. Ini jadi salah satu penyebab munculnya embun di kaca," imbuhnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemilihan Kaca Film

Soal pemilihan kaca film, Billy menyarankan agar memilih kaca film berkualitas dengan tingkat kegelapan tidak lebih dari 40 persen untuk kaca depan.

"Penggunaan kaca film dengan kegelapan di atas 40 persen bisa mengurangi pandangan terutama jika malam hari dan atau pada saat hujan," katanya.

V-Kool sendiri memiliki produk untuk kaca film dengan spesifikasi seperti ini. Disebutkan kaca film V-Kool mengadopsi teknologi spectrally selective yang mampu meneruskan cahaya tampak (Visible Light Transmission) dan menolak sinar infra merah dan ultra violet lebih dari 99 persen.

Dengan teknologi ini, kaca film dengan teknologi tersebut mampu menolak panas dengan sangat baik meski berpenampilan bening.

 

3 dari 4 halaman

Perawatan Kaca Film

Mengenai perawatan kaca film, Billy menyebut tidak lah sulit dan cukup membersihkannya secara rutin. Tidak dibutuhkan cairan khusus, pasalnya dengan cairan khusus dengan kandungan zat tertentu justru berpotensi merusak kaca film.

"Sebaiknya bersihkan saja menggunakan air biasa. Kalau ada noda, bisa dibasahkan dengan air lalu dilap hingga bersih dan kering," katanya.

Pemilihan lap yang tepat juga patut diperhatikan, karena sebaiknya menggunakan lap yang lembut dan bersih tersendiri dan tidak sama dengan yang digunakan untuk membersihkan bagian bodi mobil.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.