Sukses

Land Cruiser Jokowi Tangguh Menerabas Banjir, Simak Spesifikasinya

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Pulau Kalimantan menggunakan Land Cruiser, belakangan membuat viral. Pasalnya, rombongan orang nomor satu di Indonesia tersebut terlihat menerabas banjir tinggi menggunakan mobil dinas di beberapa titik di Kalimantan Selatan.

Rombongan yang menggunakan Toyota Land Cruiser tersebut tak gentar dengan ketinggian air yang menerjang. Dalam foto yang dilansir Antara, ada lima unit mobil Toyota Land Cruiser yang menerobos banjir lengkap dengan atribut kenegaraan.

Toyota Land Cruiser yang ditumpangi ayah Gibran Rakabuming ini berada di barisan kedua. Mobil yang digunakan oleh Jokowi merupakan varian Land Cruiser 200 dengan spesifikasi dimensi panjang 4.950 mm, lebar 1.970 mm dan tinggi 1.905 mm.

Dalam keterangan resmi yang diberikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menegaskan kondisi banjir yang dilalui memang seperti yang terlihat pada foto yang beredar. Namun, ia menambahkan bahwa mobil yang ditumpangi tidak terendam penuh.

"Itu hanya genangan air tinggi dan tidak menghalangi rencana perjalanan Presiden. Itu tadi sebelum melihat Sungai Martapura di Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. Presiden saat ini sudah di Jakarta," jelas Bey Machmudin.

 

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 200

Mengenai spesifikasi mesin yang digunakan pada mobil ini, Land Cruiser ini mengusung mesin diesel 1 VD - FTV, V8, 32 Valves, DOHC, Diesel Commonrail dengan kapasitas 4.5 liter. Tenaga yang diproduksi juga terbilang besar, karena berdasarkan data yang dirilis Toyota Astra Motor, Land Cruiser Jokowi mampu menghasilkan 231 tk dengan torsi 615 Nm.

Sementara untuk sistem transmisi pada Land Cruiser ini, Toyota membekalinya dengan enam speed triptonic. Kenyamanan berkendara juga ditopang melalui suspensi depan yang mengusung double wishbone dan di belakang 4 link coil rigid with lateral rod serta ditambah dengan penggunaan ban berukuran 20 inch.

Mengenai harga yang ditawarkan, untuk tipe tertingginya Land Cruiser 200 full spec A/T Diesel dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2,2 miliar.

Sejatinya, kendaraan SUV mewah ini memiliki kapabilitas yang cukup untuk menerjang banjir. Terlebih pada foto tersebut, ketinggian air masih dalam batas wajar sehingga tidak ada yang masuk ke dalam mobil dan ke ruang mesin.

3 dari 4 halaman

Infografis Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini