Sukses

Kunci Kontak Sepeda Motor Juga Butuh Perawatan, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Bagian dari sepeda motor yang sering luput dari perawatan adalah rumah kunci kontak. Sebagaimana kita ketahui, kunci kontak dan anak kunci motor adalah bagian yang sangat penting. Tentu akan sangat merepotkan jika rumah kunci kontak motor bermasalah.

Beberapa masalah seringkali terjadi pada bagian kunci kontak seperti longgar atau slek, bahkan ada juga kasus anak kunci susah masuk ke dalam rumah kunci atau seret. Masalah ini bermula dari kebiasaan salah pemilik motor itu sendiri.

Perawatan kunci kontak sangat sederhana, jangan biarkan banyak beban pada anak kunci sepeda motor.

Seringkali pemilik motor menggabungkan beberapa anak kunci seperti kunci rumah, kunci lemari, kunci loker dan lain sebagainya pada gantungan kunci kontak motor.

Hindari sebisa mungkin tidak menggunakan gantungan kunci motor berupa dompet yang berat untuk menyimpan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Bahkan, banyak kasus yang terjadi pemilik motor membawa barang yang memiliki beban yang lumayan berat dan disangkutkan pada anak kunci.

Sebagai contoh adalah ketika membawa bawa barang belanjaan, plastik belanjaan disangkutkan di anak kunci. Jangan melakukan hal ini untuk menjaga kondisi kunci kontak tetap dalam kondisi baik.

 

2 dari 4 halaman

Pakai Gantungan Kunci yang Simple

Disarankan, kunci kontak motor tidak banyak gantungan, karena beban pada anak kunci dapat menyebabkan longgar pada rumah kunci kontak kendaraan.

Hindari juga membawa barang yang berat dengan cara menyangkutkanya pada anak kunci.

Cukup anak kunci saja dan satu buah gantungan kunci yang simple sebagai penanda agar mudah terlihat, atau bisa gunakan tali gantungan yang bisa disangkutkan pada spion agar lebih aman saat motor sedang digunakan.

Anda juga bisa memberikan pelumas pada rumah kunci kontak apabila kunci sulit dimasukan atau seret. Perawatan seperti ini bisa juga memperpanjang usia pakai kunci kontak sepeda motor yang anda miliki.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini