Sukses

4 Faktor yang Sebaiknya Dihindari Agar Kemampuan Aki Mobil Tak Cepat Terkuras

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen di mobil yang membutuhkan perawatan dan paling sering diganti karena masa pakai, adalah aki. Pasalnya, aki alias baterai memiliki prinsip memiliki batas waktu tertentu untuk menyimpan listrik.

Umumnya, aki bermodel kering bisa bertahan selama kurang lebih 2 tahun. Namun, ada juga kejadian di mana aki bisa habis dalam waktu yang cepat, bahkan terkadang hitungan hari.

Hal ini terjadi bisa karena beberapa faktor, mulai dari kelalaian penggunaan, kerusakan, defek atau cacat produksi, kesalahan kecil, hingga penambahan aksesori yang tidak sesuai standar.

Berikut, 4 faktor yang cepat menguras kemampuan aki mobil seperti disitat dari laman resmi Hyundai Indonesia:

1. Kelalaian Penggunaan

Salah satu faktor yang paling sering terjadi adalah kelalaian ketika meninggalkan mobil, misalnya meninggalkan lampu kabin menyala saat di parkir semalaman yang bisa menguras aki dengan cepat.

2. Kerusakan Komponen

Kemudian, bisa saja mobil mengalami masalah pada alternator atau dinamo sehingga mesin tidak mengisi daya aki. Cepat atau lambat, aki pun akan habis atau soak. Jika menemui masalah ini, mohon diingat, untuk langsung kunjungi bengkel resmi Hyundai, agar bisa langsung ditangani.

2 dari 5 halaman

3. Defek

Lalu, bisa saja aki mengalami defek atau cacat produksi. Setiap produsen aki memiliki standar yang berbeda.

Namun umumnya, untuk model aki kering, bisa bertahan selama kurang lebih 2 tahun atau 30 ribu kilometer. Jika terjadi defek, harus dicek terlebih dahulu dengan pihak terkait untuk memastikannya.

 

 

3 dari 5 halaman

4. Penambahan Aksesoris

Harap hati-hati sebab penambahan aksesori yang tak tepat, apalagi yang tidak sesuai standar, bisa menimbulkan gangguan secara sistem. Misalnya menambah perangkat audio yang memakan daya besar dan menyuntik daya dari aki secara langsung.

Hal ini bisa menyebabkan kebocoran saat mobil dimatikan dan bisa menggerus daya aki secara perlahan.

4 dari 5 halaman

Infografis Pilihan

5 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: