Sukses

Asal Usul Nama Sedan, Ternyata Awalnya Bukan untuk Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Sedan sering kali dikategorikan sebagai kendaraan mewah. Namun, tahukah Anda awal mula pemberian nama sedan pada kendaraan roda empat terjadi?

Berasal dari bahasa Latin dan Italia, sedan memiliki arti sedes/sedere atau 'untuk duduk'. Pada awal 1600-an, terdapat istilah sedan dari bahasa Italia, yang datang dari kata sede (kursi).

Seperti dilansir Jalopnik, pada zaman itu, sedan diartikan sebagai 'kursi tertutup yang berada di atas palang'. Belum menggunakan mesin, istilah ini digunakan untuk alat transportasi yang diangkat oleh manusia di bagian depan dan belakang seperti tandu.

Kata sedan akhirnya masuk ke Inggris pada tahun 1630-an dan masih memiliki arti sebagai tandu. Seiring berjalannya waktu, mobil pertama yang disebut sedan di Amerika ialah Speedwell lansiran 1911 yang dirakit di Ohio, Amerika Serikat.

Pernah berjaya ditahun 1970 an hingga awal 2000, mobil sedan saat ini tak lagi menjadi perhatian di pasar otomotif Tanah Air. Hal itu tak terlepas dari pajak kendaraan yang cukup tinggi dibandingkan mobil penumpang disegmen MPV dan LCGC.

Berlandaskan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPN-BM) untuk sedan di bawah 1,5 liter adalah 30 persen, sementara di atas itu 40-75 persen. Sementara segmen-segmen lain hanya 10 persen.

2 dari 4 halaman

Banyak Digunakan Pejabat

Banyak dipakai oleh pejabat di masa Orde Baru, juga menjadi alasan mobil ini dinilai sebagai kendaraan mewah dan banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia saat itu.

Sebagai informasi, Mercedes-Benz W116 Barong 1975, Mercedes-Benz W126 Eagle 500SEL 1987, Mercedes-Benz W140 S600 1994 merupakan sedan yang pernah dipakai sebagai mobil kenegaraan sepanjang masa pemerintahan Soeharto.

Mobil dinas para menteri kala itu juga berada di segmen sedan. Beberapa model yang pernah dipakai ialah Volvo 264 GL, Volvo 740 GL, Volvo 960, dan Volvo S90.

3 dari 4 halaman

Infografis Libur Panjang dan Potensi Klaster Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: