Sukses

Jadi yang Pertama di Dunia, Honda Bakal Produksi Mobil Otonom Level 3

Honda Motor Co secara resmi menegaskan, pihaknya akan menjadi produsen mobil pertama yang akan memproduksi mobil otonom level 3 secara massal.

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Co secara resmi menegaskan, pihaknya akan menjadi produsen mobil pertama yang akan memproduksi mobil otonom level 3 secara massal.

Dikemas dengan sensor canggih, mobil ini memungkinkan pengemudi memberikan akses kepada navigasi kendaraan untuk melewati lalu lintas jalan tol yang padat.

"Honda berencana untuk meluncurkan penjualan Honda Legend (sedan mewah) yang dilengkapi dengan peralatan mengemudi otomatis baru sebelum akhir Maret 2021," kata Honda dilansir Car and Bike, Kamis (12/11/2020).

Membangun kendaraan self-driving merupakan teknologi yang tengah dikembangkan beberapa perusahaan mobil. Tak hanya itu, perusahaan teknologi Google Alphabet Inc juga menginvestasikan miliaran dolar terkait fitur canggih ini.

Hadirnya teknologi otonom diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil secara global dan tetap menjadi salah satu kendaraan idola masyarakat dunia.

Pemerintah Jepang sebelumnya memberikan sertifikasi keselamatan kepada teknologi mengemudi otonom 'Traffic Jam Pilot', yang secara hukum memungkinkan pengemudi untuk mengalihkan pandangan dari jalan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdapat 6 Tingkat Mobil Otonom

“Mobil self-driving diharapkan berperan besar dalam membantu mengurangi kecelakaan lalu lintas, menyediakan transportasi bagi para lansia, dan meningkatkan logistik,” kata Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Ada enam tingkat otonomi kendaraan dari 0 hingga 5, mulai dari mobil manual atau yang memiliki fungsi sederhana seperti cruise control hingga kendaraan yang sepenuhnya dapat mengemudi sendiri, sehingga tak memerlukan roda kemudi, pedal rem dan akselerasi.

Mobil level 2 yang saat ini berada di jalan umum, dapat mengontrol kecepatan dan kemudinya sendiri, tetapi pengemudi harus tetap waspada dan dapat mengambil kendali setiap saat.

Juli lalu, pembuat kendaraan listrik AS Tesla Inc mengatakan, teknologi otomnom level 5 sudah sangat dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.