Sukses

Harapan Besar Pabrikan Otomotif untuk Presiden Terpilih AS Joe Biden

Setelah memastikan diri melaju ke Gedung Putih, Joe Biden mendapatkan ucapan selamat dari Ford dan General Motors (GM), produsen besar otomotif Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Joe Biden berhasil memenangkan pemilu Amerika Serikat. Berdasarkan perhitungan electoral votes, calon dari partai Demokrat ini berhasil mengalahkan petahana, Donald Trump, dan berhak menjadi presiden ke-46 negara Adidaya tersebut.

Total suara elektor yang diraih Joe Biden tembus 270 setelah menang di Pennsylvania. Menurut peta AP pada Sabtu 7 November 2020 atau Minggu pagi waktu Jakart, Joe Biden meraih 284. Sedangkan Trump mendapatkan 214 suara.

Setelah memastikan diri melaju ke Gedung Putih, Joe Biden mendapatkan ucapan selamat dari Ford dan General Motors (GM).

Berdasarkan laporan Reuters, dua pembuat mobil terbesar di Negeri Paman Sam ini berharap dapat bekerja dengan pemerintahan baru di bawah presiden terpilih, Joe Biden, mengenai kebijakan untuk mendukung manufaktur AS dan masalah lainnya.

"Kami berharap dapat bekerja dengan administrasi baru, dan kongres yang akan datang mengenai kebijakan yang mendukung pelanggan, dealer, dan karyawan kami membantu memperkuat kehadiran manufaktur kami di Amerika Serikat, dan memajukan visi kami di masa depan nol emisi dengan mobil listrik penuh," tulis GM dalam sebuah laporan.

"Kami mengucapkan selamat kepada presiden terpilih, Biden dan pejabat baru di semua tingkat pemerintahan. Harapan kami, adalah para pemimpin ini akan fokus untuk menyatukan negara, dan menjalankan kebijakan yang mendorong manufaktur AS, berkelanjutan, dan stabilitas ekonomi global," pernyataan Ford.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pidato Pertama Joe Biden

Sementara itu, dalam pidato perdananya di Wilmington, Delaware, Joe Biden menyampaikan bahwa warga Amerika Serikat telah menentukan pilihan mereka dengan jelas.

"Rakyat negara ini telah berbicara bahwa mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan, kemenangan bagi rakyat," katanya.

Sedangkan bagi Kamala Harris, juga membuat sejarah sebagai wanita kulit hitam pertama yang menjadi Wakil Presiden.

3 dari 3 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.