Sukses

Tidak Cuma NMax, Yamaha FZS-FI Dark Knight Juga Dibekali Teknologi Konektivitas

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha FZS-FI edisi Dark Knight resmi dilepas Yamaha India. Motor yang di Indonesia dikenal Yamaha Byson injeksi itu mendapat fitur tambahan berupa teknologi konektivitas seperti halnya Yamaha NMax. 

Fitur itu mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan untuk para pemiliknya. Perangkat konektivitas itu juga ditawarkan sebagai aksesori tambahan dan sudah tersedia di diler resmi di India.

Pabrikan asal Jepang itu terus berupaya menciptakan pengalaman berkendara yang lebih menarik bagi pelanggannya di India. Kini mereka kenalkan karakteristik baru ke jajaran sepeda motor entry level.

Membuat sepeda motor segmen 150 cc melampaui batas-batas utilitas transportasi. Melalui aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X dengan teknologi berkemampuan Bluetooth, produk yang ditawarkan seakan naik kelas.

Dengan fitur konektivitas baru ini, dan di bawah kampanye perusahaan 'The Call of the Blue', harga Yamaha FZS-FI Dark Knight menjadi lebih mahal. Ia dibanderol Rs 1.07.700 (Rp 21,6 juta) atau lebih mahal Rs 2.500 (Rp 500 ribuan) dari pada FZS-FI standar.

Unit anyar itu sendiri mulai dijual pada 1 November 2020. Dengan tambahan aksara Connect X, itu berarti menunjukkan konektivitas dan teknologi Inovatif, sementara 'X' mewakili karakteristik yang terhubung sehingga memungkinkan pengguna untuk memahami motor dengan lebih baik dalam hal kinerja.

Sama seperti konektivitas yang ada di All New NMax di Indonesia, aplikasinya itu dapat diunduh dari Google PlayStore atau Apple iOS. Langkah-langkah untuk mengatifkannya pun mirip dengan yang ada di Tanah Air. Download, install, login dan siap pakai.

Melalui pendaftaran dan sistem verifikasi yang mudah untuk mengidentifikasi pengguna dan menyinkronkan motor ke aplikasi.

Setelah registrasi selesai, pemilik ditawarkan berbagai fitur, masing-masing dirancang untuk memungkinkan pengendara terhubung dengan motor hanya dengan satu sentuhan di ponsel.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Yamaha Motorcycle Connect X

Aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X menawarkan 6 fitur. Ada Answer Back yang dapat memberikan sinyal ke motor secara otomatis.

Dengan menekan tombol yang terdapat pada smartphone, motor langsung menjawab sinyal tersebut dengan memberikan bunyi "beep". Kemudian ada E-Lock yang memberi keamanan lebih untuk motor sehingga mencegah pencurian.

Lalu Locate My Bike membantu pemilik mengetahui posisi motor saat terparkir. Setelah mengklik fitur ini, lampu sein menyala selama 10 detik terus menerus.

Tersedia pula Riding history yang dapat melihat detail riwayat berkendara dan menawarkan informasi secara rinci kepada pengguna tentang detail perjalanan.

Itu berkaitan dengan jarak tempuh, average speed, jumlah pengereman dan mengetahui voltase baterai. Kemudian Parking Record untuk menemukan titik terakhir motor terparkir, dengan cara mengarahkan pengguna melalui GPS.

Lalu hazard untuk kebutuhan darurat. Semua fitur yang ditanam bertujuan agar para pemilik mendapat pengalaman baru yang lebih mendalam dan menyenangkan.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman kepada para pacinta Yamaha dengan layanan personalisasi (One to one Service) di India. Pelanggan kami dapat menikmati teknologi yang terhubung dengan aplikasi Yamaha Motorcycle Connect X. Teknologi konektivitas bluetooth yang kami berikan telah diatur agar lebih praktis, nyaman dan andal. Di masa depan kami akan memperluas ke semua jajaran kendaraan roda dua. Masing-masing fungsi dibuat secara metodis untuk membantu para bikers dengan pengalaman kenyamanan dan keamanan yang mulus," kata Motofumi Shitara, Chairman, Yamaha Motor India Group of Companies, dalam siaran tertulisnya, Jumat (16/10).

 

3 dari 3 halaman

Mesin

Untuk diketahui, spesifikasi Yamaha FZS FI mengusung mesin 150 cc, SOHC, 2 klep dengan bantuan pendingin udara atau air cooled. Motor yang dibekali transmisi manual 5 speed ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 13 Hp pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsinya mencapai 12,8 Nm di putaran 6.000 rpm.

Boleh dibilang naked sport ini masih satu keluarga dengan Yamaha Byson yang ada di Indonesia. Bedanya Yamaha FZS ini punya desain dan fitur yang lebih modern. Misal telah disematkannya rem ABS dan headlamp dibekali full LED.

Pengereman belakang juga sudah dibekali piringan cakram. Panel instrumen pun sudah full digital dengan negative display, mirip seperti yang dipakai MT-15.

Urusan desain, jika dibandingkan dengan Yamaha Byson di Indonesia, Yamaha FZS terlihat lebih mengalir. Headlamp dengan desain bertumpuk, tampak lebih menarik dibanding Byson yang cenderung lancip.

Secara dimensi juga FZS lebih kecil. Tangki masih menganut model kondom, maka tampilannya tampak menyatu antara penampung bensin dengan area shroud.

Desain jok tandem, menjamin motor ini lebih nyaman bagi pembonceng. Sementara stoplamp terlihat mirip dengan yang ada di Indonesia. Model knalpot Yamaha FZS sedikit mengingatkan dengan Yamaha Byson versi pertama. Hanya saja tak terlalu dibuat gemuk, tetapi sedikit lebih memanjang.

Dengan hadirnya FZS-FI edisi Dark Knight dengan tambahan fitur Connect X, berarti Yamaha telah bergabung dengan daftar produsen kendaraan roda dua seperti TVS, Hero MotoCorp, dan Suzuki yang menawarkan teknologi konektivitas.

Meski komponen itu tersedia sebagai standar, pemilik FZS model reguler juga bisa membeli perlengkapan ini sebagai aksesori. 

Sumber: Oto.com