Sukses

Mobil Hidrogen Toyota Jadi Kendaraan Dinas Paus Fransiscus

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin umat Katolik, di Vatikan Roma, Italia, Paus Fransiskus bakal menggunakan kendaraan dinas sebuah mobil ramah lingkungan. Roda empat tersebut, adalah Toyota Mirai, yang merupakan hadiah dari Catholic Bishops Conference of Japan (CBCJ).

Melansir Carscoops, mobil bertenaga hidrogen ini, merupakan salah satu dari dua Toyota Mirai yang khusus dibuat oleh jenama asal Jepang ini dan disumbangkan ke CBCJ untuk kebutuhan Paus selama kunjungannya ke Negeri Sakura pada November tahun lalu.

Mobil emisi rendah ini, memiliki dimensi panjang 5,1 meter dan tinggi 2,7 meter (termasuk atap khusus), sehingga Paus bisa berdiri dan melihat orang-orang ketika melakukan perjalanan.

Upacara pengiriman mobil ini, berlangsung di dekat kediaman Paus di Kota Vatikan, dengan Wakil Presiden Senior Toyota Motor Eropa Miguel Fonseca, dan CEO Toyota Motor Italia, Mauro Caruccio.

Turut hadir pula, Pendeta Pastor Domenico Makoto Wada mewakili CBCJ, dan Seiji Okada, Duta Besar Jepang untuk Vatikan.

2 dari 3 halaman

Koleksi popmobile

Disebutkan, Toyota Mirai Popemobile ini didasarkan dengan generasi saat ini, yang menawarkan jarak tempuh sekitar 500 km.

Selama bertahun-tahun, armada mobil pop telah menjadi salah satu koleksi paling beragam dari kendaraan yang dibuat secara khusus, mulai dari Fiat Panda sampai Mercedes G-Class serta mulai dari bus dengan atap yang dipotong hingga Lamborghini.

Terbaru, Toyota Mirai ini menjadi mobil dinas yang paling ramah lingkungan, dan membantu Paus Fransiskus untuk lebih berkonsentrasi terhadap masalah lingkungan global.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: