Sukses

Totalitas, Modifikasi Toyota Corolla 1997 Bergaya JDM

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan rekondisi mobil tua memang hobi yang cukup mengasikan, setidaknya bagi seorang Mochamad Lulut. Berburulah pria berumur 40 tahun ini, mencari mobil bekas yang usianya di atas 20 tahun dan harga di bawah Rp50 juta.

Setelah melakukan pencarian, pilihannya jatuh ke Toyota Corolla rakitan 1997. Kemudian, dimulailah pengerjaan untuk meremajakan mobil yang biasa disebut all new Toyota Corolla ini.

Untuk ubahan mobil klasiknya ini, pria yang juga hobi bermain basket dan mengumpulkan sneakers ini mencari banyak aksesori asli, komponen JDM (Japan Domestic Market), serta modifikasi terkonsep.

Hal pertama yang diperbaiki adalah eksterior, karena memang cat mobil ini sudah memudar dan penyok di beberapa bagian. Tidak hanya diketok dan dicat siram, tapi cat bawaannya juga dikerok hingga hilang. Semua pengerjaan bodi Toyota Corolla berkode AE111 ini dilakukan di Signal Kustom Bandung, dan butuh waktu sekitar 3 bulan.

"Warnanya sesuai dengan STNK, abu-abu metalik tapi pernisnya dibuat tebal jadi memunculkan kesan wet look. Agar hasilnya maksimal, semua pintu, kaca, kap mesin dicopot dan di kerok secara terpisah. Karet-karet pintu, kaca dan bagasi semuanya juga diganti baru orisinil, begitu juga sein depan belakang serta lampu rem diganti merek Koito, sesuai bawaannya," buka Lulut, saat berbincang dengan Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Menunggu pengerjaan bodi mobilnya selesai, ia kemudian berburu barang-barang OEM all new Corolla versi JDM, seperti grille C dan pilar sabit C bekas. Parts OEM lainnya yang dipasang adalah lampu kabut milik Toyota Caldina dan ducktail milik Toyota Tercel. Lalu, lampu depan menggunakan OEM Landcruiser VX80, tapi frame kustom dan bracket didapatkan di Glanz Autoworks sehingga bentuknya menjadi lampu cedok atau celong khas tahun 1990-an.

Terakhir, pemasangan pelek TRD T3 yang dibalut ban Yokohama Advan Fleva 195/55 R15.

2 dari 5 halaman

Interior

Sedangkan interiornya, menggunakan jok Recaro tipe LS bekas, serta aksesoris OEM hasil berburu di berbagai tempat baik online maupun offline, sepert boks penyimpan koin/kartu di tengah dashboard, clean box (tempat sampah), tweeter di pilar A, hingga setir Toyota Celica yang telah di retrim kembali menggunakan bahan kulit asli.

"Paling susah nyari tuas transmisi JDM yang ada huruf kanji bertuliskan shift lock, sama speedometer All New Corolla versi GT yang sporty karena barangnya memang langka. Oh iya, untuk sistem audio bisa dibilang modern. Head unit in-dash dan kamera parkir menggunakan Pioneer," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Mesin

Bagian pamungkasnya, merambah sektor mesin yang dilakukan proses tune-up. Lalu, penggantian part juga dilakukan, seperti sensor-sensor, delco, master rem, hingga selang-selang Samco juga baru. Sistem pendingin mesin, radiator dipasang tipe 2 ply lansiran Koyorad Jepang. Untuk kabel busi menggunakan NGK Power Cable yang dipesannya dari Jepang.

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Pilihan di Bawah Ini: