Sukses

Astra Isuzu Cari Peluang di Sektor Kesehatan, MU-X 4x4 Dijadikan Ambulans

Liputan6.com, Jakarta - Astra Isuzu mencari peluang dengan bermain di sektor kesehatan. Caranya, MU-X 4x4 yang merupakan SUV andalan Isuzu disulap menjadi ambulans.

"Upaya yang kami lakukan adalah penetrasi ke sektor yang tidak terlalu besar terkena dampak Covid-19. Salah satunya sektor yang berhubungan dengan kesehatan," terang Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra International Tbk - Isuzu (Astra Isuzu) Samuel Pilo dalam keterangan resmi yang Liputan6.com terima, Selasa (22/9/2020).

Secara bertahap, Astra Isuzu mulai menyerahkan 11 unit ambulans MU-X 4x4 pesanan sejumlah pemerintah daerah di Sulawesi Utara per bulan ini. Pesanan terbanyak, yakni lima unit diserahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara itu, Kepala Cabang Astra Isuzu Manado Elieser Roy Adung menyampaikan, pihaknya menawarkan Isuzu MU-X 4x4 untuk dijadikan ambulans kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud karena kondisi medan di wilayah itu yang cukup ekstrem untuk melayani puskesmas di pelosok-pelosok.

"Isuzu MU-X memiliki mesin yang andal yakni 4JK1-TC Hi-Power commonrail yang sangat bertenaga tetapi irit bahan bakar, serta diakui keandalannya di semua medan. Dan tentunya ada jaminan perawatan dari Astra Isuzu," kata Elieser Roy.

Disebutkan, kepercayaan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud terhadap produk Isuzu bukan baru kali ini saja.

 

 

2 dari 4 halaman

Pasar Sulawesi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud dr Kerry Monangin menyebut pihaknya telah menggunakan Isuzu Panther sebagai ambulans lebih dari 20 tahun.

Dan Isuzu MU-X ambulans ini memenuhi kriteria karena pihaknya sejak awal memang menginginkan ambulans yang unggul di segala medan, irit BBM, dan gardan ganda.

"Dari lima unit ambulans MU-X 4x4 itu, sebanyak 1 unit digunakan untuk PSC 119, 1 unit untuk RSUD Talaud, 3 unit lainnya untuk melayani 21 puskesmas di Talaud," jelas dr Kerry.

Seperti diketahui, penjualan di sektor otomotif sejak adanya pandemi Corona Covid-19 mengalami penurunan signifikan. Hal ini akibat turunnya daya beli masyarakat.

Dan strategi yang dijalankan Astra Isuzu dengan menyasar sektor kesehatan merupakan upaya agar roda bisnisnya terus berputar.

Kepala Wilayah Sulawesi PT Astra International Tbk - Isuzu (Astra Isuzu) Samuel Pilo mengatakan, seperti halnya kondisi nasional, pasar otomotif di Sulawesi juga mengalami penurunan.

Menurutnya, segmen high SUV Sulawesi Selatan anjlok 20 persen, sementara Sulawesi Utara turun 12,1 persen. Ia pun berharap, penetrasi yang dilakukan di sektor kesehatan mampu merangsang peningkatan penjualan.

 

3 dari 4 halaman

Data Penjualan

Berdasarkan data registrasi kepolisian (Polreg), sepanjang Januari hingga Juli 2020, penjualan otomotif nasional mencapai 383.554 unit. Angka itu turun 35 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 590.685 unit.

Dari data Polreg itu, Isuzu menjadi merek dengan penurunan paling kecil ketimbang merek lainnya yakni hanya 20 persen.

Sementara itu, data Gaikindo menunjukkan adanya peningkatan penjualan ritel otomotif mulai Juni hingga Agustus 2020.

Tercatat, penjualan pada Januari sebanyak 81.055 unit, lalu Februari turun menjadi 77.864 unit, Maret juga turun menjadi 60.447 unit. Kemudian, pada April anjlok menjadi 24.272 unit, Mei kembali turun menjadi 17.083 unit.

Penjualan Juni merangkak naik ke 29.859 unit, kemudian Juli naik menjadi 35.799 unit, dan Agustus melonjak menjadi 37.655 unit.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: