Sukses

Siapkan 5 Hal Ini Agar Tak Diserang Microsleep

Microsleep atau tertidur dalam hitungan detik bisa membahayakan bagi pengendara motor dan pengguna jalan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Microsleep atau tertidur dalam hitungan detik bisa membahayakan bagi pengendara motor dan pengguna jalan lainnya.

Ketika pemotor kehilangan kesadarannya, maka laju kendaraan tidak terarah. Kondisi ini bisa memicu sebuah insiden, entah kecelakaan tunggal atau tabrakan beruntun.

Instruktur Safety Riding MPM, Hari Setiawan dalam acara Ngovi (Ngobrol Virtual Seputar Honda) dengan tema "#Cari_aman saat liputan" Rabu (16/9), menjelaskan bahwa microsleep bisa terjadi hingga 30 detik. Dan dalam satu detik bisa kehilangan jarak 11,1 meter.

"Jika kita kehilangan 1 detik, kita kehilangan jarak 11,1 meter. Ini bahayanya di sini," terang Hari

Lebih lanjut, Hari juga memberikan beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum berkendara agar Otolovers bisa terhindar dari microsleep.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Siapkan Road Map

Ketika melakukan perjalanan, apalagi jika jaraknya jauh, disarankan untuk membuat road map atau rencana perjalanan. Road map tersebut berisi perkiraan di mana Otolovers harus berhenti untuk istirahat. Dengan begitu, arah perjalanan Otolovers menjadi jelas, sekaligus kondisi tubuh tetap prima.

3 dari 7 halaman

2. Perlengkapan Berkendara

Kemudian siapkan dan pakailah perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman. Seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu, dan sarung tangan. Di musim pandemi Corona, jangan lupa juga untuk memakai masker.

4 dari 7 halaman

3. Makan Berkualitas

Makanlah makanan yang berkualitas. Maksudnya di sini bukanlah makan asal kenyang, tetapi diperhatikan kandungan makanan yang akan dimakan. Usahakan jangan terlalu banyak karbohidrat. Sebab hal itu akan mengundang kantuk.

5 dari 7 halaman

4. Pakai Helm Double Visor

Hal penting lainnya adalah memakai helm double visor. Penting, sebab bisa menghindari cahaya matahari yang menyilaukan mata. Pasalnya hal itu dapat membuat mata cepat capek dan membuat Otolovers mengantuk.

6 dari 7 halaman

5. Melakukan Senam Kecil

Hal penting lainnya adalah melakukan senam kecil sebelum motoran. Agar oksigen mengalir ke seluruh tubuh dan siap untuk diajak bermanuver mengendarai motor. Paling tidak Otolovers harus melakukan senam kecil selama 5-10 menit.

Sumber: Otosia.com

7 dari 7 halaman

Infografis Lonjakan Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.