Sukses

Esemka Ketinggalan Lagi, Perusahaan Malaysia Ini Bikin Mobil Listrik

Perusahaan start-up asal Malaysia, EV Innovation tengah mengerjakan mobil listrik baru.

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Perusahaan start-up asal Malaysia, EV Innovation tengah mengerjakan mobil listrik baru. Dengan menggunakan nama MyKar, mobil ini sudah masuk ke tahap prototipe.

Melansir Paultan, konsep mobil MyKar ini dimulai pada januari 2019, dan kendaraan tersebut tampil pertama kali di depan umum di Kuala Lumpur Engineering Science Fair, November lalu.

Uji coba konsep mobil nol emisi ini, berhenti karena terdampak pandemi virus Corona Covid-19. Perusahaan mengadakan sesi uji coba di lapangan terbang PutraJaya, dan mengundang sejumlah orang untuk melihat lebih dekat.

Seperti foto yang beredar, MyKar masih jauh dari versi produksi. Bentuk interiornya memang familiar, mirip dengan Honda Jazz. Pasalnya, pintu dan suspensi mobil ini diambil langsung dari hatchback asal jepang tersebut.

Tenaga motor ini, dihasilkan oleh dua motor listrik 12 kW, yang menggerakan roda belakang. Mobil ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 10 kWh, yang terdiri dari 32 sel baterai lithium-ion fosfat (LifePO4) China Aviation (CALB), dengan berat total 100 kg, yang terletak di bawah kursi belakang, dengan tata letak sederhana, tanpa adanya sistem pendingin.

Konsumsi energi mobil listrik dalam konfigurasi khusus ini, adalah 6,6 kW h per 100 km, memeberikan mobil ini jangkauan sekitar 150 km, dengan waktu pengisian sekitar tiga jam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi

Perusahaan mengatakan baterai 16 kWh akan meningkatkan jangkauan itu menjadi 200 km, meskipun ini juga akan meningkatkan waktu pengisian yang dibutuhkan menjadi 4,8 jam dan bobot mobil menjadi 1,016 kg.

Spesifikasi output untuk versi 10 kWh adalah sekitar 24 kW (32 hp) dan torsi 295 Nm. Dari segi performa, kecepatan maksimum yang diklaim adalah 104 km/jam, dengan 0-100 km / jam dalam waktu 16,7 detik.

Kedengarannya tidak terlalu cepat, tetapi MyKar lebih cepat daripada Perodua Myvi dalam menyelesaikan lari seperempat mil, seperti yang ditunjukkan dari beberapa tes drag antara kedua mobil di acara tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Uji Lapangan

Perusahaan memiliki video dari tes yang sama yang dilakukan awal tahun ini. Sebelum dipamerkan kemarin, mobil tersebut telah menjalani beberapa uji lapangan sebelum pandemi dimulai. Pertama, adalah uji jarak dan daya tahan di Sirkuit Internasional Sepang pada Februari, dan yang kedua, uji performa di Landasan Udara Putrajaya pada Maret, yaitu saat pengambilan video.

Di tempat lain, MyKar menghindari kaca spion samping untuk sistem kamera dan penampil layar LCD ganda di dalam mobil, dan strip panel surya yang terlihat di atap kendaraan mengisi baterai terpisah, yang memberi daya pada sistem pendingin udara solid-state mobil.

4 dari 4 halaman

Infografis Gebrakan Denda Tidak Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.