Sukses

Tidak Semua Mobil Bisa Diasuransikan, Begini Penjelasannya

Asuransi pada kendaraan bermotor menjadi solusi agar terhindar dari kekhawatiran apabila terjadi sesuatu. Pemilik mobil, biasanya akan langsung menggunakan asuransi sesaat setelah melakukan pembelian.

Liputan6.com, Jakarta - Asuransi pada kendaraan bermotor menjadi solusi agar terhindar dari kekhawatiran apabila terjadi sesuatu. Pemilik mobil, biasanya akan langsung menggunakan asuransi sesaat setelah melakukan pembelian.

Tak hanya kendaraan baru, pembeli mobil bekas juga akan menggunakan asuransi untuk menjadi jaminan saat terjadi kecelakaan dan bencana seperti banjir.

Meski menjadi solusi, pemilik kendaraan juga wajib memperhatikan usia mobil apabila ingin menggunakan asuransi. Hal itu dikarenakan tak semua usia kendaraan bisa menggunakan asuransi.

"Perlindungan TLO bisa meng-cover dengan usia mobil sampai dengan 12 tahun. Untuk comprehensive usia mobil maksimal 8 tahun," kata Communication & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), Laurentius Iwan Pranoto kepada Liputan6.com.

Selain itu, Iwan juga menjelaskan bila wilayah tempat tinggal pemilik dan usia kendaraan sangat berpengaruh pada premi yang harus dibayarkan.

"Besaran premi tentunya tergantung dengan harga pertanggungan, usia kendaraan, wilayah coverage, dan penggunaan mobil tersebut (komersial atau pribadi)," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan dengan Pembelian Cash

Meski asuransi identik dengan kendaraan yang sedang dicicil, Iwan menegaskan kendaraan yang dibeli dengan cara cash juga bisa menggunakan asuransi.

"Kepemilikan asuransi bisa untuk mobil dibeli cash ataupun kredit. Jika secara kredit otomatis sudah ada asuransinya, namun perlu dicek coverage-nya seperti apa. Ada perluasannya atau tidak," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.