Sukses

Kia Seltos Diuji Tabrak, Berapa Nilainya?

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu SUV terlaris di India, Kia Seltos akhirnya melakukan uji tabrak di Amerika Serikat. Berada di bawah naungan organisasi nirlaba Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), Kia Seltos mendapat nilai cukup tinggi.

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (1/9/2020), varian yang melakukan uji coba adalah SX Turbo. Menjadi model termahal, mobil ini disematkan mesin 4 silinder 1,6 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 175 Tk dan torsi 264 Nm.

Mendapat beragam fitur keselamatan, Kia Seltos disematkan kantung udara di bagian depan, samping dan atas. Selain itu terdapat juga indikator tekanan ban, rem cakram, torque vectoring corner control, ABS, TC dan ESC.

Menjadi model termahal, mobil ini memiliki fitur Blind-Spot Detection serta Collision Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Alert and Avoidance, Auto Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane-Keeping Technology dan Safe Exit Assist.

Secara keseluruhan, IIHS menguji beberapa parameter penting, seperti cedera pengemudi dan penumpang depan, kekuatan bagian samping, atap, sandaran kepala, kursi, pencegah tabrak bagian depan, lampu utama serta kursi yang digunakan anak-anak.

2 dari 4 halaman

Mendapat Nilai Tinggi

Dari parameter di atas, hanya lampu depan yang dianggap buruk dan kursi anak dapat diterima. Mendapat skor tinggi, Kia Seltos harus menjalani lima tes pertama.

Mendapat peringkat "Good", mobil ini mendapat skor tertinggi pada pencegahan tabrakan depan untuk kendaraan dan pejalan kaki.

 

3 dari 4 halaman

Lampu Depan

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan ialah lampu depan (untuk menguji efektivitas lampu halogen dan LED) dan kekuatan atap kendaraan.

Secara keseluruhan, hasil uji tabrak Kia Seltos menunjukkan bahwa mobil cukup aman digunakan.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: