Sukses

Tips Mudah Mencegah Baret di Kaca Mobil yang Wajib Diperhatikan

Kaca mobil menjadi salah satu komponen yang cukup penting, terutama kaca depan. Bila baret, pandangan akan terganggu apalagi saat hujan turun.

Liputan6.com, Jakarta - Kaca mobil menjadi salah satu komponen yang cukup penting. Pasalnya, jika mengalami baret-baret, maka akan mengganggu visibilitas baik bagi pengemudi atau penumpang ketika di jalan raya.

Tidak hanya itu, kaca mobil yang baret-baret tentu saja merusak penampilan kendaraan.

Memang, ada banyak penyebab baret timbul di permukaan kaca mobil. Paling umum, biasanya karena masalah kecil seperti debu. Kebiasaan enggan membasahi kaca mobil dengan washer sebelum mengaktifkan wiper, akhirnya membuat debu yang menempel di wiper dapat menyebabkan goresan di kaca mobil.

Selain itu, pemakaian alat pembersih mobil yang tidak tepat juga bisa merusak kualitas kaca dan menimbulkan baret halus.

Melansir pressroomtoyotaastra, ada beberapa cara untuk menghindari baret di kaca mobil mobil. Salah satunya, dengan membiasakan menggunakan washer sebelum mengaktifkan wiper.

Bila perlu, sebelum jalan siram kaca dengan air bersih di seluruh permukaan dan bersihkan menggunakan kain chamois, mengingat siraman air pada washer tidak bisa menjangkau seluruh permukaan.

Perlu diingat, debu lebih berbahaya bagi kaca dibanding karet wiper yang sudah mengeras sekalipun. Kecuali, jika karet wiper sobek dan membuat rangka besi menyentuh permukaan kaca, dan ini berpotensi menyebabkan baret pada kaca.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek kondisi wiper

Terakhir, selalu cek kondisi karet wiper minimal enam bulan sekali, untuk memastikan masih dalam kondisi baik.

Terlebih, cuaca tropis di Indonesia bisa menyebabkan usia karet wiper lebih pendek. Saat parkir di luar dalam waktu lama, mengangkat rangka wiper hingga tidak menyentuh kaca bisa menjadi solusi agar wiper tidak cepat mengeras.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Bersihkan Jamur Kaca Mobil Pakai Minuman Soda dan Tembakau

Soda

Langkahnya siapkan dua lap bersih dan satu botol soda murni. Lap pertama berguna sebagai lap kering, sedangkan kedua untuk dituangkan soda.

Setelah itu, gunakan lap yang telah dituang soda untuk membersihkan kaca depan mobil. Lakukan proses pembersihan secara perlahan dan ulangi lagi sampai kaca mobil benar-benar bersih dari jamur.

4 dari 4 halaman

Tembakau

Pertama, rendam tembakan ke dalam air dingin selama 15 menit. Air ini tidak perlu air matang, yang penting bersih dan tidak tercampur dengan deterjen atau bahan lainnya.

Sebelum melakukan proses pembersihan dengan tembakau, bersihkan kaca mobil dengan air bersih terlebih dulu.

Selanjutnya, siram kaca mobil dengan air rendaman tembakau dan gosok menggunakan busa lembut sampai jamur hilang. Ulangi proses sama jika diperlukan.

Setelah jamur yang menempel pada kaca berhasil disingkirkan, pastikan kondisi kebersihan kaca terus terjaga dengan membersihkannya secara reguler menggunakan lap.

Hal ini karena kaca merupakan salah satu aspek penentu keselamatan, karena berkaitan erat dengan visibilitas pengemudi saat berkendara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.