Sukses

Klakson Motor Mulai Melempem, Begini Cara Menyembuhkannya

Liputan6.com, Jakarta - Klakson di motor memiliki peran yang cukup penting. Komponen ini, menjadi alat komunikasi pengendara satu dengan pengendara lainnya ketika berada di jalan raya.

Seperti komponen lainnya, klakson juga butuh perawatan. Suara yang terlalu nyaring memang perlu dihindari, tapi jika suaranya tidak nyaring juga tidak akan berpengaruh dengan baik sebagai peringatan atau pemberitahuan untuk pengendara lain.

Penyebab klakson tidak nyaring sendiri, ada beberapa faktor seperti yang dilansir laman resmi Suzuki Indonesia. Penyebab pertama, mungkin aki sudah lemah. Fungsi aki tersebut juga berperan dalam kinerja klakson. Pada prosesnya, klakson membutuhkan arus listrik yang bisa didapatkan dari aki.

Aki yang masih normal dapat memberikan suara nyaring dan lantang untuk klakson motor. Sebaliknya, aki yang sudah lemah dapat menyebabkan suara tersebut mulai tidak nyaring dan serak.

Selain kondisi aki, ada hal lain yang perlu diperiksa agar klakson terhindar dari suara serak dan tidak nyaring. Telah dijelaskan bahwa klakson dapat dioperasikan dengan adanya aki. Suplai dari aki ini perlu dihubungkan oleh konektor agar arusnya dapat membunyikan klakson ketika dipakai.

Kurangnya arus listrik dari penyuplai dapat menyebabkan suara klakson tidak nyaring. Hal ini dapat terjadi bila arus dari penyuplai tidak dapat tersampaikan secara maksimal karena tertutup debu dan karat yang mungkin terdapat dalam kabel konektornya.

Selain itu, kinerja klakson juga dihubungkan langsung dengan jaringan konektor yang disusun agar dapat membunyikan suara dengan baik. Soket yang kendor dapat mempengaruhi mekanisme kerja yang dilakukan jaringan konektor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Dulu Kondisi Klakson Sebelum Diperbaiki

Mengenali penyebab yang mungkin menjadi faktor tidak nyaringnya suara klakson dapat memudahkan memeriksa kondisinya. Memeriksa kondisi tersebut terlebih dahulu dapat memudahkan Anda memutuskan apakah klakson dapat diperbaiki sendiri di rumah atau harus dibawa ke bengkel.

Dalam hal ini memang ada beberapa penyebab yang bisa membuat komponen yang satu ini bermasalah suaranya, sehingga harus diperiksa penyebabnya. Memeriksa kondisi tersebut cukup mudah dilakukan dengan membuka bautnya sambil menekan tombol klakson di bagian setang.

Dari sini dapat diketahui secara sederhana penyebabnya. Bila sekiranya membutuhkan perbaikan yang rumit dan tidak mungkin dilakukan sendiri, akan lebih baik membawanya langsung ke bengkel service resmi. Hal ini bertujuan agar penanganan dilakukan oleh ahli yang tepat dan terpercaya.

3 dari 3 halaman

Cara Agar Suara Klakson Kembali Nyaring

Kondisi klakson yang tidak nyaring dan serak akan terjadi seiring berjalannya waktu dan hal ini tidak dapat dihindari. Cepat atau lambat, suara tersebut tidak akan bisa berbunyi maksimal. Dalam hal ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar suara komponen yang satu ini dapat kembali nyaring.

Salah satu caranya adalah memeriksa terlebih dahulu penyebab klakson tidak berbunyi nyaring. Serak atau soak biasanya disebabkan karena terlalu banyak debu maupun karat yang mungkin terdapat di konektornya.

Selain itu, bila klakson sudah tidak dapat berbunyi sama sekali, kemungkinan terbesarnya adalah aki kendaraan yang telah habis. Bila telah ditemukan penyebabnya, baru dilakukan langkah selanjutnya berdasarkan faktor penyebabnya tersebut.

Solusi Bila Disebabkan Debu dan Karat

Bila kondisi bunyi klakson yang tidak bagus diakibatkan oleh debu dan karat yang terdapat di konektornya, berarti cara untuk mengembalikan suaranya adalah dengan membersihkan konektornya. Pembersihan ini akan lebih baik dilakukan oleh tenaga ahli dari bengkel resmi.

Tujuannya adalah agar terhindar dari kerusakan lain yang mungkin timbul karena salah langkah dalam proses pembersihan jika dilakukan secara mandiri. Jika tidak ada kondisi kerusakan pada bagian lainnya, maka tidak perlu pembenahan tambahan untuk membuat suara komponen ini kembali nyaring.

Solusi Jika Klakson Tidak Dapat Berbunyi Sama Sekali

Sebagaimana sudah disebutkan, kondisi klakson yang tidak dapat berbunyi sama sekali biasanya diakibatkan oleh kondisi kendaraan yang kehabisan aki. Nah, jika memang aki Anda sudah lama tidak diganti, maka Anda perlu mengeceknya ulang dan menggantinya jika memang itu penyebabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.