Sukses

Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Raih Penghargaan Bergengsi

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Listrik Arjuna karya Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil meraih posisi kedua pada kejuaraan Internasional 4th Annual Formula Student Electric Vehicle (FSEV) Concept Challenge 2020.

Bukan cuma itu saja, kompetisi yang diadakan secara secara daring oleh Formula Bharat India, juga memberikan 4 penghargaan kepada mobil listrik Arjuna. Ini merupakan kali pertama Tim Arjuna UGM mengikuti kompetisi tersebut dan berhasil memboyong berbagai prestasi yang membanggakan pada pengalaman pertamanya.

Adapun penghargaan yang berhasil diraih Tim Arjuna UGM di antaranya, 2nd Place Best Team Management Strategy, Notable Mention for EV Design Overall Choice, dan Notable Mention Kaizen Guru.

Selain itu, mobil listrik ini juga meraih 2nd Place Battery Design, 3rd Place Powertrain Design, 4th Place Procurement Report, 4th Place Design Specification Sheet, 4th Place Presentation Delivery, 7th Place Q&A Session, dan 12th Place FMEA Report.

2 dari 4 halaman

Total Skor

Secara keseluruhan, tim Arjuna sebagai 2nd Place Best Overall Event dengan total skor 315,2. Pencapaian yang berhasil diraih oleh Tim Arjuna UGM tak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim untuk terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi untuk riset mobil listrik.

Menurut Christopher Tangguh Bayu, selaku ketua tim lomba, tujuan awal dari tim Arjuna UGM untuk mengikuti kompetisi ini adalah sebagai ajang untuk mengasah kemampuan tim dan sekaligus mencari pengalaman baru sehingga bisa memperoleh banyak ilmu mengenai teknologi mobil listrik, keuangan, dan manajerial tim yang baik.

"Sejak awal tujuan kami adalah untuk belajar dan mencari pengalaman, mendapatkan pencapaian ini adalah suatu bonus dari hasil belajar kami, selebihnya kami bisa mendapat ilmu dan pengalaman yang  berharga dan bermanfaat untuk riset tim Arjuna kedepannya," ujar Bayu. 

 

3 dari 4 halaman

Aktif Tiap Tahun

Tim Arjuna UGM merupakan tim mobil listrik yang tiap tahunnya aktif mengikuti kompetisi internasional Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Japan di Shizouka, Jepang. Namun kompetisi tersebut batal dilaksanakan akibat pandemi COVID-19.

"Sesuai dengan visi kami yaitu menjadi salah satu tim Formula Student terbaik di Asia, kami terus berusaha dengan berinovasi serta membuktikan hasil riset mobil listrik kami di setiap perlombaan. Berkat hasil positif dari lomba ini, membuat kami semakin memantapkan diri untuk mempersiapkan perlombaan utama kami di FSAE Japan 2021," ujar Farhan Iqbal selaku Ketua Tim Arjuna UGM generasi 8.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: