Sukses

N Performance Bikin Hyundai Santa Fe Tambah Ganteng dan Galak

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai kini menyajikan N Performance parts. Ditujukan untuk para pelanggan yang telah memiliki mobil standar Hyundai, dan ingin mengubah tampilan maupun performanya menjadi makin galak. Terbaru untuk Hyundai Santa Fe.

Sebelumnya pabrikan asal Korea Selatan itu telah merilis suku cadang N Performance untuk i30 dan Veloster. Kali ini merambah SUV Santa Fe.

Adapun detail produknya tersaji luar dalam. Signifikan mendongkrak estetika sporty. Memberi pernyataan berbeda dari Santa Fe standar yang baru saja mendapat perombakan.

Grille kromium motif sarang lebah diganti model dedikasi performa N. Tetap menganut corak sama tapi celahnya lebih kecil, kemudian diimbuhkan garis-garis vertikal dominan. Kelirnya gelap dengan sedikit aksen beige kontras, diambil dari Genesis G80.

Warna sama juga bertabur di garnish bibir bawah dan tepian grille yang memanjang dari kedua penerangan utama. Kap mesin dihiasi sedikit material karbon, untuk memberi efek sporty.

Pada sisi mobil, tampak pelek 21 inci dengan tujuh set palang ganda. Pelek paling besar untuk SUV di pasar Korea Selatan. Dibalut perpaduan hitam dan emas yang membuatnya mencolok. Ditambah tutup tengah serat karbon berlogo N.

Desainnya mengizinkan sistem pengereman di belakang terlihat jelas. Kaliper merah membuatnya makin mentereng. Tentu sistem deselerasi juga berlabel N performance.

Material karbon turut menghiasi rumah spion samping. Melengkapi visual luar, dipasangkan side skirt berdesain tegas, fender flare empat knalpot, diffuser carbon fiber agresif dan dual spoiler di atap.

 

2 dari 4 halaman

Interior Beraura Sporty

Guna menguatkan aura SUV, tak ketinggalan produsen menyematkan roof racks. Oh ya, bumper belakang turut dipercantik mengikuti sektor depan.

Kabin serbagelap juga kena sentuhan N Performance parts. Jok semi bucket dibungkus Alcantara bermotif diamond dan garis merah. Bahan serupa juga bisa dijumpai pada dasbor.

Sementara serat karbon diaplikasikan pada lingkar kemudi, konsol tengah, trim pintu dan beberapa area lain. Bagian belakang jok jua terhampar corak karbon.

Sedangkan layar monitor di punggung jok penumpang depan mengisi fungsi hiburan penghuni kabin belakang. 

Tertarik membeli Santa Fe dengan balutan N performance parts? Hyundai sendiri belum merilis berapa banderol tiap komponen atau paketnya.

Juga tak diketahui apakah semua itu hanya dijual di Korea Selatan atau akan dipasarkan di negara lain.

 

3 dari 4 halaman

Performa Lebih Galak

Santa Fe belum lama dibuka versi anyarnya yang memakai platform generasi ketiga terbaru. Diklaim mampu meningkatkan performa, pengendalian, efisiensi bahan bakar dan keamanan. Baru tahap pengenalan, jantung mekanis masih menjadi misteri.

Kabarnya bakal menganut mesin diesel turbo Smartstream 2,2 liter yang lebih bersih dan bertenaga. Outputnya 202 PS dan bertorsi 440 Nm.

Lebih tinggi 2 PS dan 17 Nm dari model sebelumnya. Daya disalurkan ke roda lewat 8-speed wet DCT (Dual Clutch Transmission).

Ada pula pilihan hybrid. Perpaduan 1,6 liter T-GDi turbo empat silinder dengan motor elektrik 44,2 kW. Menghasilkan 230 PS dan 350 Nm.

Terdapat pula versi lebih powerful, memanfaatkan motor elektrik 66,9 kW. Daya dorong melejit jadi 265 PS dan bermomen puntir 350 Nm. Keduanya dipadukan sistem pemindah gigi otomatis 6-speed.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: