Sukses

Bocoran Tiga Motor Baru Ducati yang Rilis Tahun Depan

Berdasarkan dokumen dari Environmental Protection Agency (EPA) terungkap Ducati mempersiapkan sejumlah produk baru yang siap dirilis tahun depan. Tidak hanya satu, Ducati bakal melepas tiga model sekaligus.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan dokumen dari Environmental Protection Agency (EPA) terungkap Ducati mempersiapkan sejumlah produk baru yang siap dirilis tahun depan. Tidak hanya satu, Ducati bakal melepas tiga model sekaligus.

Ada Diavel-Lamborghini Edition 2021 hasil kolaborasinya dengan Lamborghini, Multistrada Enduro 1260 Grand Tourer dan Scrambler 1100 Pro Dark.

Berita tersebut didapat dari Badan Perlindungan Lingkungan AS. Salah satu sumber memberikan informasi kalau ketiganya telah lulus uji lingkungan atau gas buang yang bersih.

Mereka diharapkan sudah bisa mengaspal pada musim gugur ini atau setidaknya tahun depan. Masing-masing model anyar mendapat pembaruan yang cukup signifikan, sesuai nama yang diusung.

Pertama Diavel edisi kolaborasi dengan Lamborghini. Lantaran mengusung nama Lamborghini, jangan beranggapan kalau dirinya mendapat sentuhan dari segi performa.

Berdasarkan informasi yang tersebar, secara mekanis tidak berbeda dari Diavel 1260 biasa. Berarti masih mengandalkan mesin Testastretta Desmodromic Variable Timing (DVT) 1.262 cc, 2 silinder L-Twin yang mampu memuntahkan power sebesar 159 hp pada putaran mesin 9.500 rpm dan torsi 129 Nm pada 7.500 rpm.

Besar kemungkinan dirinya hanya mendapat beberapa ubahan warna atau grafis khusus dan tentunya dengan emblem khusus mobil sport asal Italia.

Banyak yang berharap kalau memang jadi diluncurkan, dia tidak lagi mengusung kelir merah khas Ducati, melainkan kuning Lambo yang lebih tradisional. Seperti kolaborasi mereka dengan Pramac Ducati di MotoGP 2019.

Semua bodinya dihiasi dengan warna mencolok, grafis bendera Italia, beberapa komponen karbon dan tidak ketinggalan tulisan khas Lamborghini.

Seperti kita ketahui, baik Ducati dan Lamborghini adalah bagian dari Grup Volkswagen. Pihaknya ingin menyelaraskan dua produk paling premium untuk mendapat tempat promosi secara bersama.

Sangat masuk akal, karena kolaborasi itu bisa meningkatkan angka penjualan dari masing-masing perusahaan yang masih satu tempat kelahiran.

Kemungkinan Ducati Diavel 1260 Lamborghini Edition membawa beberapa merek premium. Paling tidak untuk sektor gas buang bisa mengandalkan Termignoni atau Akrapovic.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pirelli IKut Berkontribusi

Satu hal yang pasti, salah satu knalpot itu menawarkan suara 'ledakan' yang khas. Beberapa komponen penunjang diharapkan masih menggunakan produk dari Rizoma.

Tugas meredam getaran tetap bertahan dengan unit Ohlins yang sepenuhnya dapat disesuaikan, depan maupun belakang. Sementara spesialis pengereman tentunya mengandalkan kaliper rem monobloc Brembo M50.

Pada bagian elektronik, telah dilengkapi kontrol wheelie delapan tahap, sistem Ducati Power Launch, ABS dan kontrol traksi delapan tahap serta layar TFT 3,5 inci.

Tak lupa juga kontribusi Pirelli hadir di Diavel Lamborghini Edition. Pihaknya memberi ban Diablo Rosso 3 dengan ukuran 240/45 untuk belakang.

Ban itu dikembangkan secara khusus untuk motor ini. Sementara bagian bodinya sudah bisa dipastikan menggunakan bahan karbon. Untuk memberikan kesan eksklusif serta sesuai dengan konsep yang diusung.

Sementara Multistrada Enduro 1260 Grand Tourer mengadopsi konsep adventure dengan mengoptimalkan kemampuannya dalam hal menjelajah medan off-road.

Meski mengusung motor tualang, kenyamanan dan tingkat kepraktisannya menjadi hal utama. Namun sayangnya, ia tidak mengalami perubahan pada sektor dapur pacu. Tetap sama dengan model reguler.

 

3 dari 3 halaman

Mesin Tak Berubah

Tetapi diharapkan ada banyak aksesori high-end yang menempel sebagai standar. Seperti penggunaan side box, kaca depan besar dan kelengkapan lain yang bisa menunjang perjalanan jauh.

Kemudian Ducati Scrambler 1100 PRO Dark yang mengambil basis dari Scrambler 1100 PRO. Bedanya tentu hadirnya skema hitam pekat. Ia ditawarkan dengan konsep warna yang lebih gelap dari tiep standar.

Untuk spesifikasi tidak ada ubahan, tetap menggendong mesin berkonfigurasi V-Twin berkapasitas 1.079 cc dengan pendingin udara. Jantung mekanisnya itu bisa menyemburkan tenaga sebesar 86 Hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 88 Nm di putaran 4.750 rpm.

Dilengkapi juga dengan fitur Ducati Traction Control yang dikembangkan khusus untuk varian Scrambler. Selain itu, ada juga fitur cornering ABS serta tiga pilihan riding mode, yakni Active, City, dan Journey. Demi menunjang perjalanan jauh, motor ini dibekali kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 15 liter.

Bagian pengeremannya menggunakan Brembo dengan kaliper radial-mount Monobloc M4.32 empat piston, serta cakram berukuran 320 mm di depan. Dari segi dimensi, motor ini memiliki bobot basah seberat 206 kg. Sementara itu, tinggi joknya 810 mm.

Tidak banyak yang diketahui tentang ketiga motor tersebut, tetapi kemungkinan ditawarkan dengan tingkat eksklusif tinggi. Apalagi dengan unit Diavel dengan lencana Lamborghini yang mewah.

Diharapkan trio ini dapat memperkuat jajaran model terbaru pada peluncuran model tahunan Ducati. Secara tradisional setidaknya bisa dilangsungkan di ajang EICMA yang biasa digelar pada Oktober atau November saban tahun.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.